Bagaimana Posisi Tidur yang Baik untuk Pernapasan?

November 15, 2022 | Claudia

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Pernapasan

Jika Anda menderita asma, maka Anda mungkin akan memperhatikan, bahwa gejala sering kali memburuk di malam hari. Posisi tidur merupakan salah satu faktor yang bisa menjadi pemicu asma. Lalu, bagaimana posisi tidur yang baik untuk pernapasan, agar asma tidak kambuh?

Asma di malam hari memengaruhi sekitar 75 persen penderita asma. Gejala asma yang muncul bisa membangunkan seseorang dari tidurnya, sehingga kualitas tidur pun akan terganggu.

Namun, ada beberapa posisi tidur yang baik untuk pernapasan bagi Anda penderita asma, sehingga Anda dapat tidur dengan aman dan nyaman.

Berikut beberapa contoh posisi tidur yang baik untuk pernapasan:

Berbaring telentang dengan bahu dan leher terangkat

Mengangkat leher dan bahu dengan meninggikan bantal, bisa membantu membuka saluran udara saat tidur. Jika sinus kerap tersumbat di malam hari, tidur dengan bantal yang menyangga kepala hingga bahu dapat membantu, sehingga Anda dapat tetap bernapas dengan mudah di malam hari.

Berbaring miring ke kiri dengan bantal di antara kaki

Jika Anda memiliki asma, berbaring miring ke kiri merupakan salah satu posisi tidur yang baik untuk pernapasan. Posisi tidur ini baik untuk Anda yang memiliki masalah gastroesophageal reflux disease atau GERD, yang dapat memicu asma di malam hari.

YesDok Ads

Tidur miring ke kiri memengaruhi gravitasi tubuh, bentuk perut, dan sudut yang terbentuk antara perut dan kerongkongan, sehingga dapat mengurangi kondisi naiknya asam lambung kembali ke kerongkongan.

Berbaring miring ke kiri dengan posisi kepala yang lebih tinggi mungkin cukup untuk membuat Anda tetap nyaman sepanjang malam. Namun jika ini belum berhasil, coba selipkan bantal atau guling di antara kedua kaki Anda.

Menambahkan bantal dapat membuat tulang belakang Anda tetap stabil sepanjang malam, sehingga dapat memperbaiki postur tubuh saat tidur, dan membantu Anda bernapas dengan mudah.

Berbaring telentang dengan kepala terangkat dan lutut ditekuk

Bagi sebagian orang, tidur dengan posisi menyamping mungkin bukan hal yang biasa dilakukan. Jika Anda lebih terbiasa tidur dengan posisi telentang, maka cobalah untuk menambahkan bantal di bawah lutut.

Bantal tambahan ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi udara, dan menjaga tubuh tetap dalam posisi yang stabil sepanjang malam, sehingga Anda tetap nyaman tidur sepanjang malam.

(Foto: baptisthealth.com)

YesDok Ads