Bagaimana Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid?

October 24, 2022 | Claudia

Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid

Bagi pasangan yang ingin memiliki keturunan, maka bisa dan terbiasa menghitung masa subur sangat diperlukan. Mengetahui kapan masa subuh bisa membantu rencana atau program kehamilan.

Masa subur adalah salah satu rangkaian dalam siklus menstruasi wanita di mana potensi kehamilan akan lebih mungkin untuk terjadi. Sama halnya seperti menstruasi, masa subur pada wanita juga terjadi setiap bulannya.

Masa subur sangat berkaitan dengan ovulasi, atau proses pelepasan sel telur atau ovum yang sudah matang dari indung telur atau ovarium. Jika sel telur yang dilepas berhasil dibuahi oleh sperma, maka kehamilan akan terjadi. Tetapi, jika tidak ada pembuahan dari sperma, maka sel telur akan mati dan ikut luruh bersama dinding rahim, yang kemudian menjadi menstruasi.

Saat dalam masa subur, potensi wanita untuk mengalami kehamilan menjadi lebih tinggi. Sayangnya, masih banyak wanita yang belum mengetahui bagaimana cara menghitung masa subur.

Berikut ini merupakan cara menghitung masa subur wanita setelah haid, yakni:

Masa subur wanita biasanya terjadi sekitar 14 hari setelah hari pertama haid terakhir (HPHT) pada rata-rata siklus menstruasi teratur yakni selama 28 hari. Sementara itu, ovulasi terjadi selama 72 jam di sekitar masa subur, yang artinya, jika Anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa tersebut, maka peluang untuk terjadinya kehamilan menjadi sangat tinggi.

YesDok Ads

Namun, tidak semua wanita mengalami siklus menstruasi 28 hari, untuk itu, ada beberapa rumus yang bisa Anda coba untuk menghitung masa subur, yakni:

Ketahui siklus menstruasi terpendek Anda. Ketika Anda memiliki siklus menstruasi 27 hari, maka coba kurangi angka tersebut dengan 18, hasilnya adalah 9. Angka ini merupakan hari pertama masa subur Anda.

Ketahui siklus menstruasi terpanjang Anda, sebagai contoh adalah 30 hari. Maka kurangi angka tersebut dengan 11, dan hasilnya adalah 19 hari. Angka ini adalah hari terakhir masa subur Anda.

Atau dalam kata lain, ini bisa disimpulkan menjadi:

  • Jika siklus menstruasi Anda rata-rata adalah 28 hari, maka ovulasi dapat terjadi sekitar hari ke-14, dan masa subur Anda adalah pada hari ke-12, 13, dan 14 dari siklus menstruasi.
  • Jika siklus menstruasi Anda rata-rata adalah 35 hari, maka ovulasi dapat terjadi sekitar hari ke-21, dan masa subur Anda adalah pada hari ke-19, 20, dan 21.
  • Jika siklus menstruasi Anda lebih pendek, sebagai contoh 21 hari, maka ovulasi dapat terjadi sekitar hari ke-7, dan masa subur Anda adalah pada hari ke-5, 6, dan 7.

(Foto: lonasasserobgyn.com)

YesDok Ads