0 Point
Mencukur rambut

Bagaimana Cara Mengatasi Bengkak akibat Mencukur Rambut?

Kondisi rambut yang tumbuh ke dalam dapat terjadi, ketika rambut yang seharusnya tumbuh ke arah luar, malah berbalik lagi masuk ke dalam folikel rambut. Setelah melakukan pencukuran rambut, waxing, atau mencabut rambut-rambut di kulit, ini bisa membuat rambut kembali menggulung dan tumbuh ke dalam. Saat sel-sel kulit baru tumbuh di atas rambut yang menggulung dan tumbuh ke arah dalam kulit, rambut akan terperangkap dan menyebabkan munculnya benjolan.

Benjolan akibat pencukuran rambut dapat terbentuk di manapun, terutama pada area di mana Anda mencukur rambut-rambut yang tumbuh di atas kulit Anda, yakni di wajah, kepala, kaki, ketiak, dan bahkan area kemaluan.

Benjolan akibat pisau cukur memiliki ukuran yang beragam, mulai dari kecil hingga besar, dan bisa berwarna merah atau terdapat bintik putih berisi nanah. Meskipun tidak bisa menyembuhkannya secara instan, namun ada beberapa hal yang bisa membantu Anda menghilangkan benjolan-benjolan ini dengan lebih cepat, berikut tipsnya:

Gunakan asam salisilat

Asam salisilat adalah asam beta hidroksi yang membantu mengeksfoliasi kulit. Asam salisilat dapat menembus kelenjar minyak di kulit, untuk membuka pori dan melawan peradangan. Asam salisilat bekerja untuk meringankan masalah benjolan di kulit akibat pisau cukur dan juga membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Ini memungkinkan rambut yang tumbuh ke dalam keluar dari pori-pori sehingga mengurangi munculnya benjolan.

Pinset

Jika Anda menemukan ada rambut yang tumbuh ke dalam, maka coba gunakan pinset yang sudah disterilkan untuk mencabutnya. Mencabut rambut yang terperangkap di dalam kulit bisa membantu menyembuhkan benjolan akibat pisau cukur dengan cepat. Namun, pastikan untuk mensterilkan pinset dengan alkohol dan membersihkan kulit dan tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum mencabut rambut yang tumbuh masuk ke dalam kulit.

Menyikat kulit dengan lembut

Pilihan lain untuk membantu menghilangkan sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori adalah dengan menggunakan sikat lembut pada area yang dicukur. Beberapa orang menggunakan sikat yang dibuat khusus untuk perawatan kulit, namun jika Anda tidak memilikinya, maka gunakanlah sikat gigi dengan bulu yang halus.

Penggunaan sikat dapat membantu rambut untuk keluar dari pori-pori yang tersumbat, sehingga rambut tidak lagi terperangkap di bawahnya. Menyikat area tersebut dapat membantu menghilangkan benjolan di kulit akibat pisau cukur dan juga mencegah terbentuknya benjolan baru.

(Foto: medicalnewstoday.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok