Bagaimana Berolahraga Di Rumah Selama Wabah Virus Corona?

March 24, 2020 | Kaifia

Seorang wanita sedang melakukan yoga.

Berolahraga merupakan suatu elemen penting untuk mengurangi stres dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan cara terbaik untuk menjaga imun agar tetap stabil. 

Untuk mencegah penularan virus COVID-19, banyak orang berusaha menghindari tempat-tempat publik, salah satunya adalah gym. 

Ini menjadi perhatian khusus karena virus COVID-19 dapat menyebabkan penyakit pernafasan dan penularannya termasuk cepat sehingga mewajibkan orang untuk melakukan aktivitas di rumah.

Olahraga di rumah seperti yoga atau sejenisnya bisa menjadi opsi terbaik untuk menjaga tubuh agar tetap fit. 

Apabila Anda tetap di rumah, Anda mungkin masih ingin melanjutkan rutinitas latihan Anda.

Selain manfaat kesehatan, juga baik untuk tetap aktif untuk menjaga kesehatan mental Anda karena terkurung dalam waktu yang lama.

Menurut sebuah  artikel yang dipublikasikan oleh Healthline,  bagi orang yang mencari lebih banyak panduan selama latihan di rumah, ada banyak tutorial yang tersedia secara online, baik di YouTube atau platform lainnya.

Dr. David Nazariam, yang bersertifikat dalam kedokteran internal dan praktik di Beverly Hills  mengatakan bahwa karena virus korona baru menyebar dengan cepat, penting untuk mengambil tindakan pencegahan standar untuk melindungi diri Anda sendiri.

"Olahraga penting untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi sangat penting untuk melindungi diri Anda dari penyakit yang ditularkan melalui udara, terutama virus corona dimana pengobatan yang efektif masih dipelajari," katanya kepada Healthline.

"Jika menghindari tempat-tempat yang berisiko tinggi untuk penularan penyakit yang ditularkan melalui udara diperlukan, mungkin ada opsi alternatif seperti berolahraga di rumah," tambahnya.

Alexandra Ellis, pendiri AE Wellness dan pembawa acara The Body Nerd Show, mengatakan jika Anda menghindari gym karena penularan virus, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di rumah yang tidak memerlukan peralatan.

“Fokus pada dasar-dasar seperti  push-ups, squat, lift kaki, atau sepeda dan burpee untuk latihan yang mudah yang akan membangun kekuatan dan meningkatkan detak jantung Anda. Cara favorit saya untuk meningkatkan waktu latihan adalah melakukan 4 putaran 5 latihan selama 45 detik, diikuti dengan 15 detik istirahat, ”kata Ellis kepada Healthline.

“Pilihlah olahraga yang menargetkan area berbeda dari tubuh Anda dan Anda akan memiliki latihan seluruh tubuh dalam waktu kurang dari 20 menit, ”katanya.

(Foto: freepik.com)

YesDok Ads