BAB Hitam Saat Hamil? Ini Penyebabnya!

May 03, 2020 | Aqiyu

ibu hamil

Saat hamil, seorang wanita akan mengalami banyak perubahan pada fisik, hormon sampai masalah pencernaan. Sehingga akan muncul keluhan-keluhan selama masa kehamilan. Salah satunya adalah BAB hitam saat hamil, perubahan ini tidak sedikit membuat ibu hamil khawatir. Lalu bahayakah BAB hitam saat hamil?

Segala masalah kesehatan selama hamil harus diperhatikan karena bisa saja berdampak pada janin. Seperti yang dilansir momjuction, hormon kehamilan bisa mengubah fungsi pencernaan dan tekstur feses ibu hamil. Serta mengubah warna feses menjadi lebih gelap, kehijauan dan merah tua.

Banyak faktor yang menyebabkan ibu hamil mengalami BAB hitam. Feses yang berwarna gelap tersebut bisa dipengaruhi oleh:

Suplemen makanan.

Zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Untuk itu biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi suplemen zat besi. Sayangnya, tidak semua tubuh dapat menyerap zat besi tersebut sehingga warna tinja akan menjadi gelap dan lebih lembek. Bagi ibu hamil yang ingin memenuhi kebutuhan zat besi bisa mengganti suplemen tersebut dengan makanan seperti sayuran hijau, daging merah dan hati.

Mengonsumsi makanan tertentu

Warna tinja yang berubah bisa dipengaruhi oleh asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Bila ibu hamil mengonsumsi makanan yang berwarna gelap, maka kemungkinan tinja yang dikeluarkan juga akan mengikuti warna makanan tersebut. Seperti mengonsumsi blueberry atau makanan dengan pewarna buatan,

YesDok Ads

Obat-obatan tertentu

Tidak sedikit ibu hamil yang mengalami berbagai keluhan selama masa kehamilan dan mengharusnya mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Salah satunya adalah obat untuk mengatasi masalah pencernaan yang membuat feses menjadi gelap.

Masalah kesehatan

Ibu hamil sangat rentan mengalami masalah pada sistem pencernaannya. Antara lain seperti sembelit, ambeien, luka pada anus dan wasir. Penyebab ibu hamil yang mengalami gangguan pencernaan dikarenakan asupan serat yang rendah. Bila BAB menghitam karena faktor ini sebaiknya Anda segera konsultasi pada dokter.

Pendarahan dalam sistem pencernaan

BAB yang hitam pada ibu hamil juga bisa dikarenakan pendarahan yang terjadi pada sistem pencernaan seperti lambung, usus dan anus. Darah yang keluar bersama feses, bisa membuat feses menjadi lebih gelap.

(Foto: babyology)

YesDok Ads