Awas! Pikiran Negatif Bisa Pengaruhi Kesehatan Otak

October 21, 2019 | Helmi

Sudah menjadi kodratnya jika semua manusia ingin hidup bahagia. Namun berbagai masalah di luar kehendak manusia bisa menjadi ganjalan untuk menjalani hidup yang bahagia.

Kadang masalah-masalah yang mewarnai hidup membuat kita secara pribadi berpikir pesimis. Ini yang menjadi awal timbulnya depresi atau gangguan kecemasan. Kita ketahui bersama bahwa masalah mental semacam ini bisa berbahaya dan berpotensi menyebabkan kematian.

Menurut penelitian, jumlah orang yang mengalami depresi dan gangguan kecemasan telah meningkat secara eksponensial dalam dekade terakhir ini, dan jumlahnya terus meningkat.

Perlu Anda ketahui juga bahwa pikiran negatif dapat dengan mudah mempengaruhi kesehatan otak kita. Ini karena setiap kali kita memikirkan pikiran yang buruk (atau tidak baik), otak kita akan memompa zat kimia yang kemudian akan memengaruhi perasaan kita.

Tentu saja, mudah untuk mengatakan selalu berpikir positif. Sayangnya, itu mudah dikatakan daripada dilakukan, karena kebanyakan dari kita tidak memiliki kendali tentang apa yang akan kita pikirkan. Pemikiran negatif otomatis yang terus-menerus muncul, menginfeksi otak kita dan mencuri kebahagiaan kita.

YesDok Ads

Menurut sebuah penelitian, pikiran negatif yang membanjiri otak kita memiliki efek instan pada otak kecil kita (yang terlibat dalam koordinasi motorik dan organisasi pemikiran kita). Selain itu, ini juga mengurangi aktivitas di lobus temporal kita, yang kemudian dapat menyebabkan masalah memori, pikiran kalut dan depresi.

Selain itu, efek negatif ini tidak juga bersifat jangka pendek. Berpikir negatif terus-menerus juga mengubah jaringan saraf kita, yang akan memungkinkan kita untuk memikirkan lebih banyak pikiran negatif.

Hal itu juga membuat kita lebih mungkin membuat keputusan buruk, yang kemudian dapat menyebabkan lebih banyak pikiran negatif lainnya. Ini membuat kita merasa lebih buruk dan mengulangi siklus itu berulang-ulang.

Untungnya, Anda dapat dengan mudah melawan pikiran negatif Anda dengan latihan. Ini dapat dilakukan dengan mengenali pikiran negatif yang kita miliki, dan mengidentifikasinya sebagai apa adanya: sebuah pikiran. Dalam kebanyakan kasus, menjadi rasional dan lebih sadar diri akan pemikiran kita dapat menjadi alat yang kuat dalam meningkatkan fungsi otak kita.

(Foto: mrs mindfullness)

YesDok Ads