Awas, Makanan Kemasan ini Ternyata Miliki Kandungan Gula

June 15, 2020 | Iman

Makanan mengandung gula

Siapa yang tidak suka gula. Makanan manis ini kerap disandingkan dengan beragam makanan dan minuman.

Gula memiliki banyak nama lain seperti glukosa, sukrosa, hingga sirup jagung. Namun, tahukah Anda beberapa makanan kemasan yang biasa dikomsumsi mengandung gula tambahan.

80% makanan kemasan mengandung tambahan gula, yang membuatnya menjadi zat yang cukup sulit untuk dihindari. Berikut beberapa produk yang mengandung gula tambahan pada kandungannya.

1. Aneka Saus

Siapa sangka makanan gurih khas pelangkap hidangan ini tidak mengandung gula. Saus yamg biasa Anda gunakan seperti saus tomat, BBQ, saus salad dan bumbu lainnya. Dikarenakan mengandung gula tambahan, alangkah baiknya Anda bijak agar mengonsumsinya secara wajar.

2. Sayuran Pelengkap

Jika Anda melihat lebih dekat pada bahan saat berbelanja, Anda mungkin akan terkejut melihat bahwa komposisi pada sayuran kemasan seperti kacang, kacang polong, atau tomat mengandung tambahan gula.

Hal ini sebenarnya digunakan untuk meningkatkan cita rasa dan memperpanjang usia simpan. Hanya karena dikatakan sayuran organik tidak selalu berarti bebas gula.

3. Makanan Diet

Makanan ringan seperti bar sereal olahraga seringkali tampak sehat dari segi kemasannya. Namun, mereka sebenarnya bisa penuh dengan gula tersembunyi. Makanan bebas lemak atau diet mungkin terlihat dan terdengar sehat, tetapi biasanya ketika sesuatu komposisi dikurangi (seperti lemak), komposisi yang lain justru ditambahkan. Cermatilah dahulu kandungan gula pada bar yang dikonsumsi.

4. Sereal Sarapan

Banyak sereal seperti cornflakes juga penuh dengan gula tersembunyi. Jika warnanya nampak cerah dan rasanya manis, maka tidak mengherankan ada gula tambahan. Seringkali sereal sarapan yang tampak sehat ini mengandung lebih banyak gula daripada sepotong kue.

5. Sushi

Sushi sering dicap sebagai pilihan sehat, tetapi juga mengandung gula. Untuk membuat nasi sushi, ada komponen menambahkan gula ke nasi sebagai bagian dari resep sebagai penguat cita rasa.

6. Roti

Roti bisa juga terkandung banyak gula tersembunyi. Bukan berarti roti tidak sehat, lebih baik pilih roti toko lokal yang lebih sehat tanpa tambahan gula daripada roti yang beredar di swalayan.

7. Jus

Buah sudah mengandung fruktosa gula alami, ketika buah dikeringkan, gula menjadi pekat. Jadi, buah-buahan kering dapat menjadi sumber gula yang sangat pekat saat Anda mulai mengemil.

Jus atau moothie adalah lambang hidup sehat, tetapi mereka juga bisa menjadi perangkap gula dalam diet Anda, terutama yang berasal dari produk jus kemasan. Pilihlah jus buatan yang Anda buat sendiri di rumah dan dibuat tanpa tambahan gula.

(Foto: greatbritishchefs)

YesDok Ads