Awas, Kebiasaan Ini Bisa Memicu Kerontokan Rambut!

November 12, 2021 | Claudia

Rambut Rontok

Manusia diperkirakan kehilangan 100 helai rambut setiap harinya. Dalam beberapa kasus, kerontokan rambut bahkan bisa menjadi lebih parah, ketika seseorang kehilangan lebih dari 100 helai rambutnya dalam sehari.

Salah satu penyebab di balik kerontokan rambut yang ekstrem adalah kurangnya menjaga kebersihan rambut, serta kebiasaan buruk lainnya. Banyak orang tidak sadar, bahwa dirinya telah menjalani gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, kecanduan narkoba, stres, kurang tidur, dan lain-lain.

Kebiasaan buruk ini dapat memengaruhi tubuh secara internal, dan satu-satunya cara untuk mencegah masalah kesehatan adalah dengan mengubah gaya hidup yang tidak sehat ini.

Jika Anda tidak mau rambut Anda terus rontok bahkan menyebabkan kebotakan dini, maka beberapa kebiasaan ini harus Anda hindarkan:

Paparan sinar matahari

Panas dari matahari dapat menyerap kelembapan dari kulit kepala, membuat rambut Anda kering dan lemah, dan pada gilirannya menyebabkan kebotakan.

Menggunakan sampo yang salah

Menggunakan sampo yang salah pada rambut adalah satu dari banyaknya penyebab kerontokan rambut di usia muda. Hindari penggunaan sampo yang terlalu keras pada rambut, karena ini akan semakin menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut.

Terlalu banyak memakai produk rambut

Kadang, kita terlalu berlebihan ketika ingin merawat rambut kita, sehingga segala macam jenis produk rambut pun kita pakai dengan tujuan untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut. Alih-alih mencapai tujuan yang Anda inginkan, ini malah akan merusak rambut akibat paparan bahan kimia berlebih. Hentikan kebiasaan ini dan pilihlah beberapa produk rambut yang memang sudah cocok untuk rambut dan kulit kepala Anda.

Stres

Stres merupakan salah satu penyebab utama rontoknya helai demi helai rambut Anda. Para ahli menyatakan bahwa stres juga menyebabkan rambut rontok dan masalah terkait kulit lainnya. Oleh karena itu, kelolalah stres dengan baik dan jalani gaya hidup sehat, untuk tubuh dan rambut yang lebih sehat.

Menggunakan air panas

Menggunakan air panas untuk mencuci rambut merupakan satu bentuk kebiasaan lain yang bisa memicu kerontokan rambut, dan membuatnya lebih cepat botak. Penggunaan air panas secara konstan pada rambut dapat menghilangkan minyak alami, membuat rambut kering dan juga kusam.

(Foto: ghp-news.com)

YesDok Ads