Awas! Jangan Sepelekan Bau-Bau Ini di Tubuh Anda

March 17, 2022 | Claudia

Bau Kaki

Tubuh kita mengeluarkan aroma, yang tak jarang mungkin berbau tidak sedap. Aroma ini bisa berbeda-beda, tergantung dengan aktivitas atau makanan apa yang Anda konsumsi.

Bau badan memang merupakan hal yang normal, namun, Anda sebaiknya tidak menyepelekan bau-bau ini:

Urine berbau tidak sedap

Infeksi saluran kemih (ISK) bisa menghasilkan bau urine yang tajam. Ini karena bakteri masuk ke dalam saluran kemih dan uretra Anda. Kemudian bakteri bergerak menuju kandung kemih dan menyebabkan infeksi. ISK paling sering terjadi pada wanita karena uretra wanita berukuran lebih pendek. Jadi, jika urine Anda mulai berbau, segera periksakan ke dokter.

Bau kaki

YesDok Ads

Apakah Anda melihat bagian kulit kering dan bersisik di sekitar jari kaki Anda, atau adanya tanda-tanda kemerahan dan lecet? Jika ya, mungkin Anda menderita tinea pedis atau yang lebih dikenal dengan athlete's foot. Tinea pedis dapat menyebabkan kaki Anda mengeluarkan bau busuk yang terjadi akibat infeksi bakteri dan jamur yang mengikis kulit dan kaki Anda. Jangan pernah menggaruk bagian yang gatal akibat tinea pedis, karena akan menyebarkan jamur ke bagian tubuh lain.

Bau amis pada vagina

Setiap wanita memiliki bau vagina yang berbeda-beda, dan ini bisa berubah dalam waktu yang berbeda di setiap bulan. Jika Anda mencium bau amis dari vagina Anda, segeralah ke dokter untuk mendapatkan perawatan. Bau amis yang berasal dari vagina bisa menunjukkan kondisi di mana terjadi pertumbuhan bakteri berlebih pada vagina.

(Foto: toolsofmen.com)

YesDok Ads