Awas, Jangan Makan Sebelum Berenang!

July 18, 2019 | Claudia

Berenang merupakan satu kegiatan yang menyenangkan. Selain itu, berenang merupakan salah satu bentuk olahraga yang membuat tubuh Anda tetap aktif bergerak.

Berenang biasanya dilakukan banyak orang di akhir pekan, ketika mereka tidak harus disibukkan dengan aktivitas-aktivitas yang menjemukan. Biasanya sebelum berenang, banyak orang akan makan banyak-banyak terlebih dahulu, dengan anggapan agar tidak kelaparan saat tengah berenang. Tapi, tahukah Anda bahwa makan sebelum berenang tidak disarankan?

Ada banyak alasan yang mendasari mengapa Anda tidak boleh makan sebelum berenang. Ini karena setelah Anda makan, akan ada lebih banyak darah yang dialirkan ke usus untuk tujuan pencernaan. Hal ini kemudian akan mengurangi aliran darah menuju lengan dan kaki, yang berarti, risiko Anda untuk lebih mudah lelah bahkan kram saat sedang berenang meningkat.

Ini tidak bisa dianggap sepele, karena salah-salah, Anda bisa tenggelam dibuatnya. Lalu kapan waktu yang tepat untuk makan sebelum berenang? Sisakan waktu paling tidak 30 menit setelah makan sebelum Anda masuk ke dalam air dan berenang. Ini akan menghindarkan Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan saat berenang.

Berikut ini ulasan lebih lengkap mengapa Anda tidak disarankan untuk makan tepat sebelum Anda berenang:

Kram

YesDok Ads

Kram dapat terjadi karena beberapa alasan. Biasanya perenang akan mengalami kram di betis, paha dan tangan. Hal ini disebabkan karena berkurangnya aliran darah pada lengan dan kaki, sehingga jumlah oksigen yang dapat mencapai otot menjadi berkurang dan membuat kram pada otot-otot. Kram umumnya juga terjadi akibat kelelahan yang berlebih.

Meningkatkan aliran darah

Darah akan lebih banyak dialirkan ke area perut untuk tujuan pencernaan. Jadi, jika Anda berenang sesaat setelah Anda makan, hal ini akan mengganggu proses pencernaan sehingga hanya sebagian makanan yang akan dicerna tubuh. Kondisi ini pada akhirnya bisa menimbulkan rasa mual pada diri Anda.

Nyeri perut

Nyeri perut saat berolahraga akan terasa sangat tajam dan biasanya terjadi pada area tepat di bawah tulang rusuk. Nyeri ini disebabkan oleh kram diafragma, yang terjadi ketika ada aliran darah yang terbatas akibat tekanan dari paru-paru dan perut.

(Foto: volair.org.uk)

YesDok Ads