Awas, Ini Bahaya Tidur Terlalu Lama!

November 12, 2021 | Claudia

Tidur

Tidur cukup selama 7-8 jam dalam sehari sangat dianjurkan. Ini untuk membuat tubuh kita beristirahat dan memulai proses pemulihan setelah melakukan aktivitas seharian.

Akan tetapi, beberapa orang kerap mendapatkan waktu tidur yang kurang, akibat begadang setiap malamnya. Banyak yang beranggapan bahwa mengganti waktu tidur yang kurang ini di akhir pekan bisa dilakukan, padahal, tidur “balas dendam” atau tidur terlalu lama bisa menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh.

Berikut ini merupakan beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi jika Anda tidur terlalu lama:

Sakit kepala

Banyak orang kerap mengeluhkan sakit kepala ketika mereka tidur dalam waktu yang lebih lama di akhir pekan atau hari libur lainnya. Ini terjadi karena tidur berlebihan memengaruhi neurotransmitter di otak. Orang yang terlalu lama tidur di siang hari akan lebih rentan mengalami sakit kepala dan kesulitan tidur di malam hari.

Obesitas

YesDok Ads

Menurut sebuah studi, orang-orang yang tidur lebih dari 9-10 jam setiap malam, meningkatkan risiko kenaikan berat badan sebesar 21 persen selama rentang waktu enam tahun dibandingkan dengan orang-orang yang tidur selama 6-8 jam.

Diabetes

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa tidur berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The American Diabetes, orang-orang yang tidur dalam waktu yang terlalu lama dan memiliki clinomania yakni keinginan berlebihan untuk tetap di tempat tidur, dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe-2.

Penyakit jantung

Studi Kesehatan Perawat yang melibatkan 72.000 wanita menemukan bahwa wanita yang tidur 9-11 jam setiap malam cenderung memiliki penyakit jantung koroner daripada wanita yang tidur teratur selama 8 jam setiap malamnya. Namun, penelitian belum mengidentifikasi lebih lanjut apa hubungan antara penyakit jantung dan tidur berlebihan.

(Foto: medicalnewstoday.com)

YesDok Ads