Awas, Ini Bahaya Minum sambil Berdiri

November 25, 2019 | Claudia

Coba perhatikan kebiasaan Anda ketika minum. Apakah hingga saat ini Anda masih sering minum sambil berdiri? Dulu saat kita kecil, orang tua selalu melarang kita untuk minum sambil berdiri. Beberapa ajaran agama pun melarang kebiasaan ini. Namun, adakah alasan medis yang bisa memperkuat hal ini?

Rupanya, minum sambil berdiri juga tidak direkomendasikan dari sisi medis. Minum memang menjadi satu hal yang diperlukan oleh tubuh kita untuk tetap terhidrasi dengan baik, sehingga kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit khususnya dehidrasi. Akan tetapi, perkara minum tak hanya selalu sesepele memasukkan air ke dalam mulut. Bahkan hal kecil seperti posisi tubuh ketika minum saja juga harus diperhatikan.

Minum sambil berdiri tidak disarankan, karena bisa membawa beberapa masalah kesehatan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa alasan mengapa Anda tak sebaiknya minum sambil berdiri:

Menghambat proses penyaringan ginjal

Ginjal kita memiliki fungsi untuk melakukan proses penyaringan. Minum sambil berdiri rupanya juga akan mengganggu fungsi ginjal, karena hal ini akan membuat filter penyaring pada ginjal menjadi tertutup. 

Dengan demikian, air yang diminum akan langsung masuk ke dalam kandung kemih, tanpa melalui proses penyaringan pada ginjal. Kondisi ini bisa menyebabkan kotoran menumpuk di ureter dan lama kelamaan mengakibatkan gangguan pada saluran kemih. Kerusakan ginjal permanen juga akan terjadi jika kebiasaan ini terus menerus dibiarkan.

YesDok Ads

Mengganggu sistem pencernaan

Ketika Anda minum sambil berdiri, ini akan membuat tenggorokan Anda menyempit dan mengerut. Kondisi ini bisa mengakibatkan air masuk ke dalam tubuh secara langsung dan cepat, tanpa melewati usus maupun dinding usus. Selanjutnya, ini akan menimbulkan cipratan air ke dinding perut. Jika terjadi secara terus menerus, maka dampak cipratan air dalam jangka panjang inilah yang akan mengganggu atau bahkan merusak sistem pencernaan.

Proses penghancuran makanan pada jaringan pencernaan akibat air yang langsung masuk ke dalam tubuh tanpa melewati usus pun akan terhambat. Inilah yang kemudian bisa membuat Anda mengalami nyeri perut, kembung, mual dan bahkan muntah.

Terganggunya fungsi lambung

Lambung Anda juga akan terganggu jika Anda terus melakukan kebiasaan minum sambil berdiri. Ini karena aliran air akan masuk secara tiba-tiba ke lambung, sehingga dapat mengganggu proses pencernaan. Ini bisa menyebabkan dinding lambung lebih mudah terluka, yang akhirnya bisa menimbulkan peradangan lambung, dan peningkatan asam lambung.

(Foto: soyummy.com)

YesDok Ads