0 Point
Bahaya mengorek telinga

Awas, Ini Bahaya Mengorek Telinga dengan Cotton Bud

Banyak orang masih suka melakukan kebiasaan buruk dengan mengorek telinga menggunakan cotton bud. Ini sangat disayangkan, sebab lebih banyak bahaya mengorek telinga menggunakan cotton bud yang bisa terjadi, alih-alih manfaatnya.

Tahukah Anda, bahwa telinga memiliki mekanismenya sendiri untuk membersihkan kotoran telinga? Untuk itu, semestinya Anda tak perlu khawatir apakah telinga Anda kotor atau tidak, karena telinga biasanya akan membersihkan dirinya sendiri jika kotoran sudah menumpuk. Namun, tak dapat dipungkiri, kotoran telinga yang menumpuk bisa membuat tidak nyaman. Bagi yang tidak betah, maka cotton bud dianggap menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini.

Jika memang Anda sudah tidak betah dengan kotoran telinga yang menumpuk, maka Anda lebih disarankan untuk membersihkannya ke spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan atau THT. Dokter bisa menjalankan prosedur pembersihan telinga yang aman, sehingga tidak berbahaya seperti jika Anda mengorek telinga Anda sendiri.

Selain itu, kotoran telinga sebenarnya menyehatkan. Kotoran telinga sebenarnya adalah minyak yang melapisi telinga bagian dalam untuk melindungi telinga dari bakteri atau patogen lain penyebab infeksi. Kotoran telinga diproduksi di bagian dalam telinga dengan fungsi membawa keluar sel kulit mati dan kuman di dalam telinga. Jika terlalu sering dibersihkan, ini akan membuat telinga terasa kering dan kasar. Telinga Anda juga jadi lebih rentan terhadap infeksi karena berkurangnya minyak yang dapat melindungi telinga.

Berikut ini bahaya mengorek telinga lainnya, yang sebaiknya Anda hindari:

Mendorong kotoran telinga lebih dalam

Setiap kali memasukkan cotton bud atau alat pengorek telinga lainnya, Anda tak hanya memasukkan bakteri baru ke dalam telinga, melainkan berpotensi mendorong kotoran telinga lebih masuk ke telinga bagian dalam. Jadi, alih-alih membersihkan, hal ini malah akan membuat telinga Anda makin bermasalah. Kotoran telinga yang terdorong bahkan bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

Merusak gendang telinga

Cotton bud yang dimasukkan terlalu dalam ke dalam telinga berpotensi menyentuh dan merusak gendang telinga. Gendang telinga adalah bagian yang sangat rapuh, sehingga gesekkan dari cotton bud bisa menyebabkan kerusakan pada gendang telinga. Bukan hal yang aneh, jika pendengaran Anda terganggu ketika terjadi masalah ini.

Kapas cotton bud tertinggal di dalam telinga

Bahaya mengorek telinga lainnya yang mungkin tak ingin Anda alami adalah, ketika kapas dari cotton bud malah tertinggal atau tersangkut di dalam telinga. Saat hal ini terjadi, maka telinga Anda berpotensi mengalami infeksi. Gangguan pendengaran pun sudah pasti terjadi, karena ada penghalang di dalam telinga Anda.

(Foto: demandstudios.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok