Awas, Ini Bahaya Memakai Pantyliner Setiap Hari!

August 04, 2022 | Claudia

Bahaya Memakai Pantyliner

Selain pembalut, pemakaian pantyliner juga kerap dilakukan oleh banyak wanita, khususnya ketika sedang mengalami keputihan. Pantyliner memang bisa memberikan kenyamanan tambahan, jika Anda memang sedang mengalami keputihan yang banyak. Namun, tak jarang dikatakan bahaya memakai pantyliner jika dilakukan setiap hari, benarkah demikian?

Pantyliner memiliki bentuk seperti pembalut, namun dengan ukuran yang lebih kecil. Fungsinya pun hampir serupa, yakni untuk menyerap cairan yang keluar dari vagina, seperti keputihan, dan menjaga celana dalam agar tetap kering.

Namun, pemakaian pantyliner tak bisa sembarangan. Jika Anda harus memakai pantyliner setiap hari, maka Anda harus rajin menggantinya setiap empat jam sekali. Selain itu, penggunaan celana dalam juga harus diperhatikan, dengan memilih celana dalam berbahan dasar katun.Selain itu, pemakaian pantyliner juga tidak disarankan saat tidur di malam hari.

Jika Anda abai terhadap hal-hal ini, maka bahaya memakai pantyliner terlalu sering ini bisa Anda alami:

Iritasi

Pemakaian pantyliner yang terlalu sering bisa menyebabkan vagina rentan mengalami iritasi. Bahaya memakai pantyliner setiap hari, bisa menyebabkan iritasi pada vulva atau bagian luar vagina yang bersentuhan dengan pantyliner. Ini terjadi akibat gesekan dengan pantyliner yang terjadi selama seharian penuh, karena biasanya pantyliner, tidak 100% terbuat dari bahan katun.

Selain itu, pembuatan produk pantyliner yang dicampur dengan bahan kimia seperti pemutih atau pewangi, juga bisa meningkatkan risiko iritasi pada orang-orang dengan kulit sensitif.

Menyebabkan alergi

Selain iritasi, bahaya memakai pantyliner terlalu sering juga bisa memicu reaksi alergi pada kulit.

YesDok Ads

Pewangi dalam pantyliner berasal dari bahan kimia, yang ditujukan untuk mengurangi bau tidak sedap pada vagina. Namun, paparan bahan kimia ini bisa membahayakan area vagina. Alergi bisa terjadi, apalagi jika Anda memiliki jenis kulit sensitif.

Mengganggu flora vagina

Pemakaian pantyliner yang terlalu sering bisa mengganggu flora alami vagina. Flora vagina terdiri dari bakteri baik yang bertugas menjaga tingkat keasaman vagina. Bahaya memakai pantyliner dengan pewangi bisa menyebabkan terganggunya flora alami ini, yang kemudian bisa mengakibatkan terjadinya keputihan dan gatal-gatal di area vagina.

Menyebabkan keputihan bertambah parah

Alih-alih membantu atasi keputihan, bahaya memakai pantyliner justru bisa membuat keputihan menjadi lebih banyak. Ini karena pemakaian pantyliner setiap hari bisa memicu pertumbuhan jamur di area vagina yang lembap. Jamur dan bakteri, terutama yang menyebabkan keputihan, bisa berkembang biak tak terkendali. Inilah mengapa keputihan menjadi tambah parah.

Menghambat sirkulasi udara

Pemakaian pantyliner bisa menghambat sirkulasi udara pada area vagina. Saat ini terjadi, vagina dan area di sekitarnya akan kesulitan untuk bernapas. Ini menciptakan kondisi lembap pada vagina, yang kemudian menjadi penyebab mengapa keputihan terus bertambah banyak.

(Foto: flo.health)

YesDok Ads