Awas, Ini Bahaya Jika Malas Pakai Sunscreen

April 27, 2022 | Claudia

Sunscreen

Tabir surya atau yang juga dikenal dengan sunscreen adalah salah satu produk perawatan kulit dasar yang sangat penting. Bagi orang Indonesia yang tinggal di lingkungan tropis, melupakan pemakaian sunscreen bisa berdampak buruk. Sunscreen bertugas melindungi kulit kita dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya.

Tak hanya melindungi kulit dari sinar UV, bagi Anda yang memiliki masalah jerawat, pemakaian sunscreen juga bermanfaat bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat. Bekas jerawat akan lebih mudah hilang jika Anda rutin memakai sunscreen, baik saat di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Ini karena sunscreen mampu melindungi melanin atau pigmen alami pada kulit, sehingga kulit akan terhindar dari bekas jerawat yang sulit hilang.

Melihat banyaknya manfaat dan pentingnya pemakaian sunscreen, memang, apa, sih, yang bakal terjadi kalau Anda malas pakai sunscreen?

Risiko kanker kulit meningkat

Salah satu hal berbahaya jika Anda malas pakai sunscreen adalah meningkatnya risiko kanker kulit. Ini bisa terjadi karena kulit terus-menerus terpapar sinar UV yang berbahaya tanpa adanya perlindungan. Hal ini mengakibatkan kulit lebih mudah mengalami kerusakan karena melanin atau pigmen kulit menjadi terganggu.

Penuaan dini

Siapa mau cepat-cepat tampak lebih tua dari usianya? Jika Anda tidak mau, maka segera rajin dan rutinlah pakai sunsceen. Kulit wajah yang sering terpapar sinar UV tanpa perlindungan apa pun, akan lebih cepat mengalami penuaan. Kerutan, kusam, dan garis halus akan lebih cepat muncul pada orang-orang yang malas pakai sunscreen.

YesDok Ads

Flek hitam atau sunspot

Umumnya, flek hitam baru akan muncul pada kulit setelah usia 40 tahun ke atas. Namun, flek hitam bisa lebih cepat muncul di wajah apabila seseorang malas pakai sunscreen. Sinar UV bisa meningkatkan melanin atau pigmen pada kulit. Ketika produksi melanin meningkat, beberapa area kulit akan menggelap, sehingga muncul flek hitam di wajah.

Rentan jerawat

Tahukah Anda, malas pakai sunscreen juga akan menyebabkan munculnya jerawat. Sunscreen tak hanya berguna untuk di luar ruangan, bahkan di dalam ruangan pun Anda perlu rutin pakai sunscreen.

Sunscreen memiliki kandungan zinc oxide, yang mempunyai banyak macam manfaat untuk jerawat. Salah satunya adalah mencegah terjadinya peradangan di kulit, yang bisa menyebabkan munculnya jerawat.

4 hal di atas merupakan beberapa kerugian jika Anda malas pakai sunscreen, setelah membacanya, apakah Anda yakin masih mau malas pakai sunscreen? Pakailah suncreen dengan SPF 30 atau lebih, sehingga kulit Anda benar-benar terproteksi dari sinar UV yang berbahaya.

(Foto: hubbardyoungpharmacy.com)

YesDok Ads