Awas, Ini Bahaya Berbagi Lip Balm

April 18, 2023 | Claudia

Bahaya berbagi lip balm

Lip balm merupakan bagian penting dalam produk perawatan yang hampir pasti digunakan setiap hari, khususnya oleh wanita. Lip balm dapat membantu mengatasi masalah kulit bibir yang kering. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda terus membawa lip balm di dalam tas Anda.

Namun, seringkali beberapa teman mulai mencoba meminjam lip balm Anda, dengan alasan, lip balm yang mereka miliki tertinggal di rumah. Karena merasa tidak enak, Anda pun meminjamkan lip balm kepada teman Anda. Sayangnya, ini merupakan kebiasaan yang harus dihentikan!

Anda tidak pernah tahu, apa saja yang terjadi pada bibir mereka. Bisa jadi banyak bakteri yang dapat berpindah ke bibir Anda ketika Anda memakai lip balm yang sama. Belum lagi jika mereka menggunakan jari-jari mereka untuk mengoleskan lip balm, perlu diketahui, ada banyak sekali bakteri yang bisa hidup di jari-jari kita.

Jika alasan tersebut belum cukup kuat, Anda perlu mengetahui beberapa bahaya berbagi lip balm:

Perpindahan bakteri yang cepat

Ini merupakan alasan paling penting, mengapa Anda sebaiknya tidak berbagi lip balm Anda. Bibir memiliki pembuluh darah yang luas tepat di bawah permukaan kulit. Apa pun yang Anda oleskan pada selaput tipis bibir, secara otomatis akan diteruskan ke dalam sistem tubuh melalui aliran darah, dan ini tentu saja termasuk bakteri-bakteri yang berpindah akibat kebiasaan meminjamkan lip balm.

YesDok Ads

Virus dapat hidup selama beberapa minggu

Virus yang bisa saja sebelumnya berada di bibir teman Anda, bisa menempelkan diri ke lip balm dan bertahan di sana selama berminggu-minggu. Jadi, jika teman Anda sedang menderita flu atau pilek, maka virus bisa saja menular ke tubuh Anda melalui pemakaian lip balm yang sama.

Herpes

Salah satu alasan terpenting lain mengapa Anda tidak seharusnya berbagi lip balm adalah meningkatnya risiko herpes. Jika teman yang meminjam lip balm Anda mengalami masalah kerusakan pada kulit atau bibir pecah-pecah, dan juga sedang menderita sariawan atau terinfeksi virus herpes, maka kemungkinan besar Anda akan tertular.

Mungkin Anda berpikir bahwa menyeka permukaan lip balm dan menggunakannya kembali sudah cukup, namun nyatanya ini tidak menghindarkan Anda dari risiko penularan virus herpes. Untuk itu, cara terbaik untuk terhindar dari virus herpes adalah dengan tidak berbagi lip balm dengan orang lain, sekalipun itu teman Anda.

(Foto: allgoodbodycare.com)

YesDok Ads