Awas, Gejala Stres Ini Patut Diwaspadai!

April 17, 2021 | Claudia

Stres

Hampir setiap orang dewasa mengalami stres. Meski stres menjadi masalah umum, namun bukan berarti bisa diabaikan. Tahukah Anda kalau stres bisa menjadi silent killer?

Berbagai masalah bisa menyebabkan stres, mulai dari masalah pekerjaan, masalah keluarga, masalah dengan pasangan atau teman, masalah ekonomi, dan lain-lain. Tidak mungkin rasanya jika kita hidup tanpa masalah, oleh karena itu, yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah mengelola stres dengan baik.

Stres yang diabaikan bisa menjadi sumber dari banyak penyakit. Berikut ini merupakan tanda-tanda atau gejala akibat stres yang harus Anda perhatikan dan segeralah mengambil tindakan lanjut jika Anda mengalaminya:

Sakit kepala

Pernah mendengar istilah sakit kepala tegang? Terlalu stres bisa membuat pembuluh darah di otak berdenyut-denyut. Ini menyebabkan sakit kepala yang tajam dan berdenyut-denyut yang bisa bertahan dalam waktu yang lama. Beristirahatlah yang cukup, dan jangan lupa berelaksasi untuk mengurangi stres dan sakit kepala yang Anda rasakan.

Palpitasi

Stres menyebabkan kecemasan, dan kecemasan bisa menyebabkan hipertensi. Jantung yang berdetak kencang adalah salah satu tanda utama dari hipertensi. Jika Anda sering mengalami jantung berdebar kencang, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

YesDok Ads

Mimisan

Mimisan bisa terjadi saat tekanan darah naik tiba-tiba tanpa peringatan atau gejala. Mekanisme pertahanan alami tubuh adalah mengeluarkan darah untuk mengontrol tekanan darah. Jadi jika Anda sering mengalami mimisan, segeralah periksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Rambut rontok

Stres juga menjadi salah satu penyebab utama dari masalah rambut rontok. Jika tidak segera ditangani, masalah rambut rontok bisa menyebabkan kebotakan dini, bahkan pada seseorang yang masih berusia dua puluhan.

Kekebalan tubuh melemah

Di masa pandemi, kekebalan tubuh yang kuat adalah apa yang paling kita butuhkan. Sayangnya, stres bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga Anda rentan tertular penyakit. Jadi, kelola stres Anda dengan baik agar Anda bisa tetap sehat baik secara fisik maupun mental.

(Foto: perkbox.com)

YesDok Ads