Atasi Rasa Takut Pergi ke Dokter Gigi

January 10, 2022 | Iman

Dokter gigi

Sebagian besar dari kita takut pergi ke dokter gigi, ketika rasa takut itu berada pada tingkat yang ekstrim, itu disebut fobia gigi atau kecemasan. Sebagian besar prosedur perawatan gigi tidak menyakitkan, tetapi kebanyakan orang mengalami masalah kecemasan tentang pergi ke dokter gigi.

Perbedaan antara kecemasan gigi dan fobia adalah bahwa yang pertama mungkin ringan hingga sedang dan seringkali orang tersebut memiliki rasa khawatir dan ketakutan yang umum. Yang terakhir adalah pengalaman yang lebih intens dengan ketakutan irasional.

Fobia gigi adalah kondisi yang jauh lebih serius daripada kecemasan dan sebuah penelitian menunjukkan bahwa peserta wanita lebih cemas daripada peserta pria. Sekitar 82,6 persen peserta melaporkan kecemasan terhadap prosedur pencabutan gigi. Hubungan yang signifikan terlihat antara kecemasan gigi dan prosedur pencabutan dengan jenis kelamin, kelompok usia, tingkat pendidikan, status pekerjaan, pendapatan, status kesehatan mulut yang dirasakan sendiri dan riwayat mengunjungi dokter gigi.

Berikut Penyebab Fobia dan Kecemasan Gigi

1. Takut disuntik

Kebanyakan orang memiliki ketakutan akan jarum suntik, terutama ketika dimasukkan ke dalam mulut mereka. Meskipun anestesi diberikan untuk menghilangkan rasa sakit sebelum prosedur gigi, orang masih memiliki ketakutan bahwa suntikan dapat menimbulkan rasa sakit

2. Takut sakit

Penyebab fobia gigi umumnya berasal dari pengalaman gigi awal yang menyakitkan atau tidak menyenangkan. Dalam kasus lain, Anda mungkin juga merasa terganggu atau takut dengan sugesti cerita yang diceritakan oleh teman atau kerabat Anda.

3. Takut efek samping anestesi

Beberapa orang takut efek samping anestesi yang meliputi pusing, mual dan pingsan.

Tanda Dan Gejala Fobia Gigi

- Kesulitan tidur sehari sebelum kunjungan.

YesDok Ads

- Menangis atau merasa sakit secara fisik saat berpikir untuk pergi ke dokter gigi.

- Gugup, berkeringat, dan jantung berdebar saat Anda memasuki klinik.

Bagaimana Fobia Memengaruhi Kesehatan Mulut Anda?

Menghindari dokter gigi dapat menyebabkan penyakit gusi atau masalah kesehatan mulut utama lainnya yang mungkin memerlukan perawatan kompleks di kemudian hari. Jadi, sebaiknya lakukan pemeriksaan gigi secara teratur, pembersihan mulut demi mengatasi masalah sejak dini.

Bagaimana Mengatasi Fobia Gigi?

1. Bicaralah dengan dokter gigi Anda

Jika Anda tegang atau cemas, beri tahu dokter gigi kekhawatiran Anda. Beri tahu dokter gigi Anda tentang masalah kecemasan Anda, bagikan pengalaman buruk yang pernah Anda alami di masa lalu dan mintalah saran medis.

2. Jauhkan pikiran Anda terganggu

Saat Anda gugup, alihkan perhatian Anda ke hal-hal lain seperti mendengarkan musik favorit Anda atau membayangkan bahwa Anda berada di tempat yang bahagia atau memeras bola stres. Menjaga pikiran Anda terganggu akan mengurangi kegugupan Anda sampai batas tertentu.

3. Latihan pernapasan dalam

Meditasi penuh perhatian dan teknik pernapasan dalam mengendurkan ketegangan pada otot Anda. Anda bisa memulainya dengan menghirup dan menghembuskan napas secara perlahan. Ini akan memperlambat detak jantung Anda dan membantu mengendurkan otot-otot Anda. Teknik relaksasi lainnya adalah relaksasi otot progresif, yang melibatkan ketegangan dan relaksasi kelompok otot yang berbeda.

YesDok Ads