Atasi Nyeri Sendi di Musim Hujan

January 22, 2022 | Iman

Nyeri sendi

Jutaan jiwa negara-negara Asia menderita Arthritis. Menurut pengamatan studi, setiap orang 3 dari 10 orang hidup dengan radang sendi.

Musim hujan semakin memperburuk kondisi pasien yang sudah menderita penyakit tersebut. Seiring dengan kondisi nyeri yang semakin parah, mobilitas mereka menjadi terbatas karena cenderung mengalami kekakuan pada persendian.

Ada korelasi kuat antara penurunan suhu dan memburuknya gejala sendi. Dalam cuaca dingin, tubuh menyimpan panas dan mengirimkan lebih banyak darah ke organ-organ di pusat tubuh seperti jantung atau paru-paru. Saat itu terjadi, pembuluh darah di lengan, bahu, dan sendi lutut cenderung menyempit. Akibatnya, aliran darah yang lebih sedikit membuat area tersebut semakin dingin dan kaku. Hal ini menyebabkan peningkatan tingkat ketidaknyamanan dan nyeri sendi, terutama di lutut.

“Setiap tahun kami menyaksikan peningkatan jumlah warga lanjut usia yang mencari pengobatan untuk nyeri sendi yang meningkat dan ketidaknyamanan selama musim dingin,” kata ahli bedah ortopedi Rajeev Verma

Di musim dingin, orang cenderung melewatkan olahraga dan secara umum menjadi lesu. Hal ini dapat berdampak pada lutut dan meningkatkan tingkat rasa sakit. Olahraga teratur selama 30 menit dapat membantu melumasi persendian dan merangsang sirkulasi darah dalam tubuh.

Tetap aktif adalah kunci untuk memperkuat otot-otot yang menopang sendi, sehingga membantu meningkatkan fungsi sendi. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu melawan nyeri lutut musim dingin ini.

1.Berjemur di bawah sinar matahari

Vitamin D memainkan peran penting dalam penyembuhan sendi. Beberapa penelitian menunjukkan tingkat vitamin D yang lebih rendah dapat meningkatkan nyeri sendi dan otot. Jadi, dapatkan sinar matahari sebanyak mungkin untuk memicu persendian yang sakit. Seimbangkan dengan pola makan Anda dengan makanan bergizi dan kaya vitamin seperti jeruk, bayam, brokoli, produk susu, dan buah-buahan kering untuk memperkuat tulang dan persendian Anda.

2. Berolahraga secara teratur

Gaya hidup aktif dapat menjauhkan nyeri sendi, terutama bagi pasien radang sendi. Jangan biarkan gelombang dingin di luar menghalangi Anda untuk berolahraga. Dorong diri Anda untuk mengambil istirahat jalan-jalan kecil di tempat kerja atau saat bersantai di rumah untuk menjaga berat badan Anda tetap terkendali.

3. Kenakan pakaian berlapis

Sendi lutut membutuhkan tekanan maksimum daripada sendi lainnya, jadi alih-alih mengenakan sweter berat dan kardigan yang dapat menambah berat badan Anda, pilihlah pakaian berlapis yang ringan namun hangat.

4. Konsultasikan dengan dokter Anda

Jika terapi fisik dan obat-obatan hanya memberikan pereda nyeri jangka pendek, penting untuk memeriksakan persendian Anda oleh ahli ortopedi. Pada tahap arthritis kronis atau lanjut, ketika semua pengobatan alternatif gagal, penggantian lutut total biasanya merupakan pengobatan yang direkomendasikan untuk menghilangkan rasa sakit dan memulihkan fungsi lutut.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads