0 Point
Makanan sehat untuk usus

Atasi Masalah Usus Selama Musim Dingin

Musim hujan memang membawa suasana sejuk dan menyenangkan, namun ternyata membawa banyak masalah kesehatan. Tidak hanya masalah pernapasan, nyeri sendi dan otot, masalah perut juga kerap terjadi.

Kesehatan usus mengacu pada keseimbangan mikroorganisme dalam saluran pencernaan. Akibatnya, menjaga keseimbangan yang tepat dari mikroorganisme ini membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Flora usus atau mikrobioma usus mengacu pada bakteri, ragi, dan virus yang ditemukan di saluran pencernaan. Akibatnya, sangat penting untuk menjaga usus Anda, terutama selama musim hujan. Berikut beberapa langkah mengelola masalah usus selama musim hujan.

1. Pilih makanan sehat

Penting untuk memasukkan semua nutrisi penting dalam diet seseorang. Pilih makanan yang kaya vitamin C seperti:

-Ubi jalar
-Labu
-Wortel
-Buah bit
-Sayuran berdaun hijau
-Kubis
-Sawi
-Kelabat
-Bayam

Seseorang dapat menambahkan bahan-bahan tersebut ke dalam dalam kari dan sup. Sayuran hijau tinggi serat, yang membantu mengatur pergerakan usus dan pencernaan. Akibatnya, Anda akan merasa lebih kenyang dan cenderung tidak makan junk food. Jadi, makanlah makanan ini untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

2. Hindari makanan cepat saji olahan

Jika Anda ingin menjaga kesehatan pencernaan Anda, Anda harus mengurangi konsumsi gula, makanan olahan, dan alkohol. Junk food buruk bagi sistem pencernaan karena memperlambat pencernaan dan menyebabkan kembung.

Perut membutuhkan enzim untuk mencerna makanan, yang tidak hadir dalam makanan cepat saji. Ketika makanan diserap oleh usus, serat dan air diperlukan untuk ekskresi, tetapi mereka kekurangan nutrisi ini, mengakibatkan pencernaan yang buruk dan sindrom iritasi usus besar.

3. Tidur yang nyenyak

Saat tidur, seseorang membiarkan tubuh kita memperbaiki dan memulihkan diri ke keadaan optimal. Hal ini membantu Anda dalam bersiap-siap untuk kegiatan hari berikutnya. Tidur nyenyak juga berarti lebih sedikit mengidam makanan yang tidak sehat, manajemen stres yang lebih baik, fluktuasi hormonal yang lebih sedikit, dan penambahan berat badan yang lebih sedikit. Kurang tidur bisa membuat Anda merasa lesu dan lelah.

4. Tetap terhidrasi

Saat suhu turun tiba-tiba, asupan cairan cenderung menurun. Minum air yang cukup akan membantu Anda menghilangkan semua racun dari tubuh Anda dan akan berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh Anda.

5. Pilih makanan fermentasi

Sedia makanan fermentasi yang dapat Anda masukkan dengan mudah ke dalam menu musim dingin Anda untuk menjaga asupan makanan ramah usus. Pertimbangkan miso untuk sup, kefir untuk minuman, tempe untuk tumisan, dan kimchi atau asinan kubis sebagai lauk.

6. Kelola stres

Stres berdampak negatif pada sistem pencernaan. Jadi, cobalah untuk bersantai dengan melakukan beberapa aktivitas seperti yoga atau jalan kaki. Cobalah aktivitas seperti mendengarkan musik, memasak, fotografi, atau bahkan menari.

(Foto: pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok