Atasi Masalah Gigi Sensitif dengan Cara Ini

January 20, 2022 | Claudia

Gigi Sensitif

Memiliki masalah gigi sensitif akan sangat menyulitkan, terutama saat sedang makan atau minum.

Gigi sensitif adalah kondisi yang dapat diobati. Sebuah studi di tahun 2013 menemukan bahwa satu dari delapan orang yang mengunjungi praktik dokter gigi mengalami masalah gigi sensitif.

Untuk lebih mempercepat pengobatan gigi sensitif, ada beberapa pengobatan alami yang bisa Anda coba, berikut tipsnya:

Daun jambu biji

Mengunyah daun jambu biji atau menggunakan gel topikal yang menggunakan gel topikal yang mengandung ekstrak daun jambu biji dapat membantu mengurangi rasa sakit di gigi dan sensitivitas gigi.

Sebuah studi di tahun 2017 mengulas manfaat kesehatan dari daun jambu biji, dan mencatat bahwa ekstrak daun jambu biji yang kaya akan flavonoid memiliki potensi untuk menenangkan sakit gigi berkat sifat penghilang rasa sakit, anti-inflamasi, dan antimikroba di dalamnya.

Bawang putih

Bawang putih sudah lama dijadikan sebagai pengobatan tradisional untuk berbagai kondisi kesehatan. Salah satu kegunaan bawang putih dalam pengobatan tradisional ini adalah untuk mengatasi sakit gigi.

Mengunyah sepotong bawang putih bisa menghasilkan senyawa yang disebut allicin. Studi di tahun 2011 menyimpulkan bahwa allicin memiliki sifat antimikroba dan dapat membantu membunuh bakteri yang dapat menyebabkan penyakit di mulut, seperti Streptococcus mutans.

YesDok Ads

Penumpukan bakteri S. mutans di sekitar gigi dapat menyebabkan kerusakan gigi yang memperburuk kondisi gigi sensitif. Mengusir bakteri ini dapat membantu memperlambat kerusakan dan mengurangi sensitivitas gigi.

Kumur air garam

Menggunakan kumur air garam adalah salah satu cara lain untuk mengatasi bakteri di mulut, dan juga membantu membersihkan mulut.

Dalam sebuah studi di tahun 2017, para peneliti menemukan bahwa berkumur dengan air garam mungkin sama efektifnya dengan obat kumur klorheksidin dalam mengurangi plak di gigi.

Fluoride

Menggunakan produk perawatan gigi yang mengandung fluoride dapat mengurangi risiko gigi berlubang dan juga membantu meminimalkan sensitivitas gigi.

Fluoride terkandung dalam berbagai produk perawatan gigi, seperti:

  • Pasta gigi
  • Obat kumur

(Foto: bowlanedental.com)

YesDok Ads