Atasi Konstipasi Dengan Pengobatan Rumahan Ini

February 17, 2022 | Kaifia

Konstipasi

Konstipasi atau sembelit merupakan kondisi yang umum bagi setiap orang untuk mengalaminya. 

Seseorang mungkin mengalami konstipasi akibat makanan yang mereka makan, pilihan gaya hidup, obat yang mereka minum atau kondisi medis yang mereka miliki. 

Pilihan pengobatan juga tersedia untuk meredakan gejala konstipasi. 

Konsumsi air putih

Manfaat air putih tidak dapat disangkal untuk kesehatan tubuh yang baik. Minum air putih mampu memindahkan makanan melalui sistem pencernaan Anda dan menghentikan tinja agar tidak mengeras. 

Usahakan untuk minum sekitar 9 cangkir sehari untuk wanita dan 13 cangkir untuk pria. 

Olahraga rutin

Sangat penting bagi tubuh tetap aktif untuk membantu merangsang otot-otot di usus dan usus besar Anda. Setiap gerakan fisik membantu membantu usus memindahkan segala sesuatunya.

YesDok Ads

Cobalah lakukan aktivitas fisik ringan seperti jalan-jalan biasa, berenang, bersepeda atau jogging.

Mengonsumsi makanan berserat

Serat dapat membantu meningkatkan curah dan konsistensi buang air besar, membuatnya lebih mudah untuk dilewati. Hal ini juga membantu melewati sistem pencernaan lebih cepat. 

Untuk mengatasi kasus sembelit ringan, cobalah mengonsumsi makanan yang mudah dicerna dan kaya akan serat seperti buah beri, pisang, atau alpukat terutama sayuran dan biji-bijian.

Makan makanan mengandung probiotik

Orang yang mengalami konstipasi kronis memiliki ketidakseimbangan bakteri di usus mereka. Mengonsumsi makanan probiotik dapat meningkatkan keseimbangannya dan membantu mencegah sembelit. 

Beberapa makanan yang mengandung probiotik, antara lain

  • Kimchi
  • Yogurt
  • Acar
  • Kefir
YesDok Ads