0 Point
Madu dan lemon

Atasi Bronkitis dengan Pengobatan Alami Ini

Bronkitis merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada lapisan bronkus yang dipicu oleh infeksi virus atau bakteri. Bronkitis bisa terjadi secara akut maupun kronis. Batuk yang terjadi akibat kondisi bronkitis bisa sangat mengganggu kualitas hidup seseorang.

Saat mengalami bronkitis, seseorang seharusnya sudah memeriksakan dirinya ke dokter untuk mendapatkan pertolongan medis. Namun, saat masih dalam kondisi bronkitis akut, pengobatan bronkitis juga bisa ditambah dengan pengobatan alami, asal Anda mendiskusikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter. Pengobatan alami bisa membantu mempercepat pengobatan bronkitis, sehingga Anda bisa lekas terbebas dari batuk.

Berikut ini merupakan beberapa pengobatan alami yang bisa membantu pengobatan medis untuk mengatasi bronkitis, yakni:

Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat meredakan radang tenggorokan dan membantu memecah lendir di tenggorokan. Larutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu berkumurlah dengan larutan air garam ini. Ulangi pengobatan alami ini beberapa kali dalam sehari

Jahe

Jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol yang memiliki sifat anti-inflamasi. Gingerol dipercaya dapat membantu melawan infeksi pernapasan termasuk bronkitis. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengunyah sepotong jahe segar, atau meminum secangkir teh jahe.

Menghirup uap

Pengobatan alami ini sangat baik untuk membantu melegakan pernapasan yang tersumbat dengan mendorong lendir untuk keluar dari saluran pernapasan. Menghirup uap air juga dapat merelaksasi otot dan meredakan batuk.

Rebus air dan tuang ke dalam baskom. Letakkan handuk di atas kepala Anda, dan hirup uap air yang membumbung ke udara dari baskom air hangat. Lakukan pernapasan dalam dan terus hirup uap air selama 10 menit. Anda juga bisa menambah beberapa tetes minyak kayu putih untuk memberikan manfaat tambahan dalam melegakan saluran pernapasan Anda.

Bawang putih

Sebuah penelitian menunjukkan efektivitas bawang putih dalam menghambat pertumbuhan virus penyebab bronkitis infeksiosa. Bawang putih mengandung senyawa yang disebut allicin yang memiliki sifat anti-inflamasi, antibiotik, antibakteri, dan antivirus. Konsumsilah tiga siung bawang putih setiap hari untuk membantu terbebas dari bronkitis.

Madu dan lemon

Madu dan lemon dapat meredakan iritasi tenggorokan dan mengurangi batuk. Madu mengandung sifat antibakteri yang membantu menenangkan selaput lendir yang teriritasi dan lemon dapat dimanfaatkan sebagai ekspektoran.

Campurkan segelas air hangat dengan air perasan lemon dan madu. Aduk semuanya hingga tercampur secara merata. Minum air lemon dan madu ini secara rutin untuk melegakan tenggorokan Anda.

(Foto: timesnownews.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok