Asupan yang Membuat anda Bertenaga sebelum Olahraga

October 23, 2019 | Iman

Olahraga merupakan satu cara agar membuat tubuh kita tetap sehat dan bugar, selain itu olahraga juga sering dijadikan alat untuk menurunkan berat badan. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk berolahraga, yang paling mudah mungkin berjalan, berlari atau mungkin pergi ke tempat gym.

Pergi ke tempat gym tidak memerlukan waktu yang khusus, anda bisa kapan saja pergi ke tempat tersebut. Namun, untuk melakukan berbagai aktivitas di tempat gym, jangan sampai  perut anda kosong. Tentu, Anda juga tidak bisa berolahraga dengan perut penuh. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi merupakan hal yang tidak boleh anda lewatkan sebelum berolahraga.

Sementara itu, dilansir Times of India, ada beberapa asupan yang bisa anda konsumsi sebelum olahraga dan akan membantu Anda agar lebih berenergi. Berikut adalah daftar asupan tersebut.

1. Smoothie

Makanan ini tidak terlalu berat bagi perut Anda, smoothie adalah pilihan yang bagus karena terbuat dari buah-buahan dan susu yang tidak hanya menjaga isi perut Anda tetapi juga memastikan bahwa Anda memiliki jumlah energi yang tepat untuk berolahraga.

2. Pisang

Buah ini penuh dengan karbohidrat yang mudah dicerna, dan memberi Anda energi sebelum Anda mulai berolahraga. Ketika Anda melakukan olahraga dengan intensitas berat, Anda cenderung akan banyak berkeringat, tubuh Anda kehilangan kalium, dan pisang adalah pengatur elektrolit yang sangat baik karena menjaga fungsi saraf & otot. 

YesDok Ads

3. Gandum

Gandum merupakan sumber karbohidrat yang sangat dibutuhkan selama olahraga Anda, gandum mengandung serat larut yang membuat Anda merasa kenyang bahkan ketika dimakan dalam jumlah sedang, gandum dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

4. Cottage Cheese 

Jika Anda lebih suka olahraga yang sedang seperti berjalan atau hanya menghabiskan waktu di treadmill, maka cottage cheese adalah jawaban yang tepat. Meskipun sebenarnya tidak direkomendasikan sebagai makanan sehat yang ideal sebelum berolahraga, 1 cangkir cottage cheese mengandung 18 persen kalsium dan dianggap bisa mencegah segala jenis masalah kardiovaskular.

5. Tahu Susu

Makanan ini memiliki kandungan asam amino yang membantu pemulihan otot, sementara itu terkait hidrasi, para ahli mengatakan bahwa protein dalam tahu susu membantu jumlah air yang diserap oleh usus. Tahu susu merupakan salah satu produk susu yang didapat dari proses pengentalan akibat dicampur zat asam yang dapat dimakan. Zat asam ini diperoleh dari semisal jus lemon atau cuka, kemudian disaring cairannya.

(Foto : prevention)

YesDok Ads