Asparagus Bikin Kencing Berbau

December 26, 2019 | Helmi

asparagus

Asparagus adalah jenis sayuran yang dapat dimakan secara terpisah sebagai hidangan lengkap. Ini juga dapat dimasukkan dalam semur, sup, dan salad. Asparagus kaya akan folat dan menyediakan 17 persen dari kebutuhan harian vitamin B ini.

Karena kandungan nutrisinya yang tinggi, mungkin mengejutkan bagi orang-orang bahwa itu dapat membuat urin seseorang berbau tidak sedap.

Bahan tersebut mengandung asam asparagusic, yang menghasilkan berbagai kombinasi kimia sulfur yang berkontribusi terhadap urin berbau busuk. Asparagus adalah satu-satunya sayuran yang dikenal memiliki reaksi asam sulfat yang berbau ini yang mirip dengan bau kubis busuk.

Bau tajamnya sangat mirip dengan zat belerang lainnya, seperti telur busuk atau gas alam. Oleh karena itu, para ilmuwan tertarik untuk mencari tahu yang orang miliki pengalaman ketika mereka pipis setelah makan sayur asparagus.

Bau kadang-kadang dapat diidentifikasi dalam waktu 15 menit setelah mengonsumsi sayuran. Sayangnya, bau busuk mungkin tidak hilang sebelum 14 jam. Kebanyakan orang tidak dapat menemukan baunya, namun hanya beberapa orang yang mampu mencium bau ini.

YesDok Ads

Ketika asam asparagusic sepenuhnya dimetabolisme, ia berubah menjadi bentuk uap. Setelah urin keluar dari sistem, senyawa cenderung menguap hampir secara instan dan bau menyebar ke atas, tak terhindarkan mencapai hidung.

Para ilmuwan tidak dapat mempersempit senyawa yang tepat yang menyebabkan bau, atau apakah itu disebabkan oleh berbagai senyawa yang bercampur menjadi satu. Namun, methanethiol adalah salah satu senyawa yang terus menerus disebutkan oleh para peneliti di banyak makalah penelitian.

Methanethiol diketahui menghasilkan bau tinja dan bahkan bau mulut. Para ilmuwan percaya bahwa bau dari senyawa tersebut dilepaskan begitu asparagus dicerna.

Karena laju penyerapan yang cepat (setengah dari asam yang ada diserap dalam setengah jam), bau asparagus dapat tercium dalam waktu 15 hingga 30 menit. Studi dengan lebih dari seratus orang menemukan bahwa bau busuk dapat bertahan pada orang selama 10 hingga 14 jam. Namun, tidak semua orang mampu menciumnya. 

(Foto: Food Network)

YesDok Ads