ASI Sangat Penting bagi Kesehatan Ibu dan Bayi

May 29, 2022 | Iman

Ibu menyusui

ASI merupakan asupan terbaik bagi bayi dalam proses tumbuh kembangnya. Selain mengandung zat gizi yang penting, ASI juga mengandung zat antibodi pembentuk kekebalan tubuh. 

Manfaat pemberian ASI tidak hanya untuk bayi namun juga untuk ibu. ASI juga dapat meningkatkan ikatan batin antara ibu dan bayi.

Sejumlah penelitian menyebutkan bayi yang mendapatkan ASI eksklusif memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi di banding kan dengan anak yang diberi susu formula. Tentunya dari ibu yang sehat dengan asupan gizi yang baik dan seimbang.

Dalam pemberian ASI, terjadi kontak kulit antara ibu dan bayi. Sentuhan langsung ini memunculkan ikatan yang lebih erat secara emosional. 

Berbicara seputar ASI ternyata masih banyak yang mempercayai mitos yang beredar di masyarakat, jika informasi tersebut keliru khawatir akan berdampak pada kesehatan bayi.

Ahli Gizi RSUI, Tetri Pawestri, S. Gz mengatakan ada yang beranggapan bahwa saat cuaca panas bayi usia 0-6 bulan membutuhkan tambahan air putih, padahal kebutuhan cairan bayi sudah tercukupi dari ASI. 

“Selain itu, banyak kasus di masyarakat dimana ada bayi yang usianya masih dibawah 6 bulan sudah diberikan madu. Pemberian madu pada bayi berpotensi menjadi sumber spora C.botulinum yang bisa menyerang sistem saraf otak, tulang belakang dan saraf lainnya,” ungkapnya.

Tetri memberikan motivasi kepada ibu hamil agar siap dan tenang dalam persiapan menyusui.

“Kuncinya adalah yakin, jangan lupa bahwa dukungan dari suami dan keluarga juga sangat penting dalam memperbaiki mood ibu agar produksi ASI dapat berjalan lancar,” tambahnya.

(Foto: healthline)

YesDok Ads