Asam Lambung Naik? Makanan Ini Solusinya!

January 20, 2020 | Aqiyu

Buah-buahan

Bagi penderita asam lambung atau GERD memilih makanan yang baik dikonsumsi adalah hal yang penting. Ada beberapa makanan yang dijadikan pantangan agar kondisi lambung tidak semakin parah. Ada pula makanan yang baik untuk mengatasi masalah lambung yang sedang kumat.

Penyebab penyakit lambung sebenarnya bukan hanya karena masalah makanan saja, tetapi juga gaya hidup. Untuk itu, Anda harus pintar mengatur pola makan. Berikut beberapa makana yang dapat dijadikan solusi saat asam lambung naik:

Pisang

Pisang memiliki tingkat pH 5,6 yang sangat bagus untuk meringankan gejala penyakit asam lambung. Meski begitu, tidak semua penyakit lambung bisa diatasi dengan mengonsumsi pisang. Karena ada beberapa penderita asam lambung yang semakin parah setelah mengonsumsi pisang.

Sayuran hijau

Mengonsumsi sayuran hijau seperti selada, kol, brokoli, dan mentimun bisa mengobati asam lambung. Hal ini dikarenakan sayuran hijau termasuk rendah lemak dan rendah gula. Sehingga bisa dijadikan solusi untuk mengatasi asam lambung.

Daging tanpa lemak

Bagi Anda yang suka menyantap daging namun memiliki keluhan asam lambung bisa menggantinya dengan daging tanpa lemak. Seperti ikan, ayam atau sapi dengan cara dipanggang atau dikukus untuk mengurangi gejala asam lambung.

YesDok Ads

Lidah buaya dan jahe

Jahe dikenal dengan mengandung sifat anti-inflamasi yang dipercaya dapat mengobati gejala asam lambung. Sedangkan lidah buaya, dikenal sebagai tanaman herbal yang ampuh untuk menangani penyakit asam lambung.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan panganan non-asam, rendah lemak, dan tinggi serat, membuat jenis makanan ini menjadi pilihan yang sangat baik untuk melawan asam lambung.

Hindari gorengan

Gorengan mengandung lemak tinggi, yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Banyaknya minyak dalam sebuah makanan dapat memicu asam lambung akan naik dengan cepat.    

(Foto: the economic times)

YesDok Ads