0 Point
Asam Lambung Kumat? Atasi Dengan Buah Pisang

Asam Lambung Kumat? Atasi Dengan Buah Pisang

Siapa disini yang asam lambungnya sering kumat karena salah atau telat makan? Asam lambung merupakan penyakit pencernaan dimana asam lambung atau empedu mengiritasi lapisan dalam saluran makanan. Asam lambung yang kumat sangat bikin tidak nyaman dan mengganggu. Tahukah Anda asam lambung bisa diatasi dengan buah pisang?

Biasanya penderita asam lambung akan langsung meminum obat-obatan. Padahal, jika mau Anda bisa meredakan asam lambung dengan mengonsumsi buah pisang. Kenapa? Karena buah pisang merupakan buah yang memiliki sifat basa atau rendah asam. Jadi, buah pisang ini diyakini dapat membantu menetralkan asam lambung.

Menurut gastroenterologi dari St. Vincent Medical Center AS, Patrick Takahashi, MD, mengatakan bahwa buah pisang adalah buah ideal yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Selain itu, buah pisang juga mengandung kalium yang dapat meningkatkan produksi lendir di lambung. Serta mampu membantu mencegah terjadinya penumpukan asam berlebih pada saluran pencernaan. 

Kandungan serat pada pisang juga dapat mendorong makanan dengan mudah mengalir ke saluran cerna. Dengan begitu, kesehatan saluran cerna tetap dapat terjaga dan meredakan berbagai keluhan yang ditimbulkan oleh asam lambung. Agar khasiat pisang dapat Anda rasakan, pilihlah pisang yang sudah benar-benar matang. 

Jika Anda tidak begitu menyukai pisang, ada beberapa alternatif makanan lain yang khasiatnya sama seperti dengan pisang yaitu meredakan asam lambung yang naik. Makanan tersebut meliputi melon, beras merah, kacang almond, yogurt, apel, oatmeal, ayam tanpa kulit, ikan dan sayuran hijau.

Agar asam lambung Anda tidak mudah kambuh, Anda disarankan untuk melakukan diet asupan rendah asam. Beberapa penelitian mengatakan penderita asam lambung yang rutin mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar pH keasaman yang kurang dari 5 selama dua minggu lebih jarang kambuh. Selain itu, Anda juga harus menjaga gaya hidup yang sehat seperti tidak merokok dan minum alkohol, menjaga pola makan hingga mempertahankan berat badan yang ideal. 

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok