Diet
+1

Apakah Pisang Aman Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes?

February 08, 2021 | Kaifia

Pisang.

Penderita diabetes perlu mempertimbangkan secara cermat makanan yang dimakan.  Meskipun buah dan sayuran mengandung berbagai macam nutrisi penting, beberapa dari mereka bisa menyebabkan lonjakan gula darah.

Apakah pisang aman bagi penderita diabetes?

Mengonsumsi pisang masih bisa masuk dalam kategori aman bagi seseorang dengan diabetes. Penderita diabetes menggunakan indeks glikemik atau GI untuk mengukur seberapa besar makanan yang dikonsumsi berpengaruh terhadap glukosa darah mereka.

Sistem perangkat memberikan gambaran tentang kecepatan dimana karbohidrat tertentu bisa meningkatkan gula darah. Menurut International GI Database, pisang memiliki tingkat indeks glikemik yang rendah yaitu 51 .

Jika Anda memiliki diabetes, sangat penting untuk menyadari jumlah dan jenis karbohidrat dalam makanan Anda.

Karbohidrat mampu meningkatkan kadar gula darah daripada nutrisi lainnya, hal ini berarti karbohidrat bisa berpengaruh pada glukosa.

YesDok Ads

Ketika gula darah meningkat pada orang tanpa diabetes, tubuh memproduksi insulin. Ini membantu memindahkan gula dari darah dan masuk ke dalam sel yang dimana digunakan atau disimpan.

Namun, proses ini tidak bekerja sebagaimana mestinya bagi penderita diabetes. Sebagai gantinya, tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup. Jika tidak dikelola dengan baik, kondisi ini mampu menyebabkan makanan tinggi lonjakan gula darah yang tinggi.

Penulis dari sebuah studi kecil tahun 2014 memberi 250 atau 500 gram porsi sarapan pisang kepada 15 peserta yang menderita diabetes tipe 2 dan 30 peserta dengan kadar kolesterol tinggi.

Mereka menemukan bahwa sarapan pisang tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap glukosa darah langsung setelah makan, namun mengonsumsinya di setiap pagi secara signifikan dapat membantu mengurangi gula darah puasa.

Penulis penelitian mengatakan bahwa penelitian yang lebih besar diperlukan untuk mengkonfirmasi lebih lanjut tentang pengaruh pengurangan glukosa dari pisang secara klinis.

Jika Anda memiliki diabetes, Anda dapat menikmati buah seperti pisang sebagai bagian dari pola diet sehat mereka dan penting untuk memantau seberapa besar  pisang tersebut berpengaruh gula darah dan sesuaikan kebiasaan makan Anda. 

YesDok Ads