Apakah Perubahan Pertumbuhan Rambut Saat Hamil Adalah Hal yang Normal?

April 28, 2022 | Kaifia

Ibu hamil

Saat kehamilan, Anda mungkin memperhatikan beberapa perubahan pada tubuh secara signifikan, salah satunya adalah rambut menjadi tebal dan beberapa orang dapat mengalami pertumbuhan rambut tambahan.

Banyak wanita mendapatkan rambut mereka terasa tebal sekitar 15 minggu kehamilan. Hal ini umumnya disebabkan oleh peningkatan hormon estrogen.

Setelah hamil, rambut pun mulai alami kerontokan karena perubahan kadar hormon. Rambut dapat kembali ke kondisi sebelumnya setelah beberapa waktu.

Dalam kisaran normalnya, rambut seseorang akan kembali ke kondisi normalnya dalam waktu 6 bulan setelah melahirkan. 

Apakah hal ini normal?

Kehilangan rambut setelah kehamilan mungkin bisa menjadi hal yang mengkhawatirkan namun perlu diingat bahwa hal tersebut bukan kerontokan rambut yang sebenarnya. 

Biasanya, kondisi ini berhenti dalam waktu 6 bulan setelah melahirkan dan kebanyakan kasus, rambut mereka kembali tumbuh dalam waktu 1 tahun atau bahkan lebih cepat. 

Mewarnai rambut tidak dianggap membahayakan bagi bayi karena rambut tidak menyerap cukup bahan kimia yang berbahaya untuk memengaruhi si kecil.

Bagaimana cara mengatasinya?

YesDok Ads

Mengelola kadar stres

Stres bisa memengaruhi kesehatan seseorang secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi kadar stres

  • Berlatih teknik relaksasi

  • Latihan pernapasan dalam

  • Terapkan yoga dan meditasi

  • Olahraga secara teratur 

Menjaga pola makan yang sehat

Memenuhi asupan diet keseharian sangat penting untuk pemulihan pasca persalinan serta memastikan tubuh agar mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik. 

YesDok Ads