0 Point
Berenang

Apakah Orang dengan Psoriasis Boleh Berenang?

Bagi seseorang yang memiliki masalah kulit psoriasis, bukan hal mudah baginya untuk bepergian ke laut, kolam renang, danau, dan lainnya. Ini karena berbagai jenis air bisa menimbulkan reaksi pada kulit seseorang dengan psoriasis.

Sebenarnya, berenang dapat membantu meringankan beberapa gejala psoriasis, dan National Psoriasis Foundation (NPF) secara khusus merekomendasikan seseorang dengan psoriasis untuk berenang saat cuaca panas. Ini karena air yang hangat dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, yang kemudian dapat memperbaiki penampilan kulit dan meredakan rasa gatal untuk sementara waktu.

Akan tetapi sebagai catatan penting, terlalu lama berenang baik itu di laut atau kolam renang, dapat menyebabkan kulit lebih lama terpapar air garam atau klorin, yang dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan pengelupasan kulit, terutama ketika gejala psoriasis semakin parah. 

Merawat kulit sebelum dan sesudah beraktivitas di air merupakan kunci utama bagi penderita psoriasis untuk tetap dapat aman bermain di air, berikut ini merupakan tipsnya:

Sebelum berenang

  • Lembapkan kulit: Mengoleskan pelembap atau petroleum jelly pada kulit sebelum berenang, dapat melindungi kulit dari bahan kimia yang keras. Pilihlah pelembap yang tidak mengandung pewangi.
  • Mengoleskan tabir surya: Memakai tabir surya merupakan kewajiban bagi siapa saja yang akan beraktivitas di luar ruangan, termasuk berenang. Ini bisa membantu melindungi kulit yang terpapar sinar matahari. Pilih tabir surya dengan SPF minimal 30 jika Anda ingin beraktivitas di dalam air.

Setelah berenang

  • Bilas: Mandi atau sekadar membilas tubuh dapat membantu menghilangkan sisa garam atau butir-butir mineral dan bahan kimia dari air laut atau air kolam renang yang bisa menyebabkan iritasi. Sebaiknya juga Anda membilas tubuh dengan air hangat, bukan air panas.
  • Keringkan dengan lembut: keringkan kulit dengan hanya menyeka menggunakan handuk, alih-alih menggosok kulit dengan keras. Dan biarkan kulit tetap sedikit lembap, jangan sampai Anda menghandukinya hingga terlalu kering.
  • Lembapkan kulit: lembapkan lagi kulit Anda sekitar 3-5 menit usai mandi, Anda juga bisa menggunakan produk perawatan kulit lainnya.

(Foto: swimming.org)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok