Apakah Makanan Kaya Kandungan Gula Sebabkan Diabetes?

September 20, 2019 | Iman

Diabetes merupakan penyakit kronis yang dapat terjadi karena kenaikan gula darah atau kadar glukosa darah. Banyak yang mengatakan bahwa makan banyak gula dapat meningkatkan risiko diabetes. Selain itu, diet, gaya hidup, dan genetika Anda juga berperan dalam meningkatkan risiko diabetes Anda.

Diabates terjadi Ketika tubuh Anda tidak dapat mengatur gula darah atau terjadi kadar glukosa darah diabetes, ini terjadi ketika pankreas berhenti memproduksi cukup insulin yaitu suatu hormon yang dibuat oleh pankreas yang membantu glukosa dan diperoleh dari makanan untuk masuk ke dalam sel lalu disimpan atau digunakan untuk energi bagi tubuh.

Insulin juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah Anda dan mencegah agar gula darah tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Diabetes terdiri dari dua tipe yaitu diabetes tipe 1 (tubuh tidak menghasilkan insulin) dan diabetes tipe 2 (tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak dapat menggunakannya secara efektif). Diabetes tipe 1 jarang terjadi dan lebih disebabkan oleh genetika, sementara tipe 2 menyumbang lebih dari 90% kasus diabetes.

Seperti dilansir laman Boldsky, sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang minum minuman manis setiap hari memiliki risiko 25% terkena diabetes tipe 2. Sementara itu, minum satu minuman manis per hari dapat meningkatkan risiko diabetes sebesar 13%.

Para peneliti percaya bahwa ada hubungan kuat antara asupan gula dan diabetes, peneliti juga yakin gula meningkatkan risiko diabetes baik secara langsung maupun tidak langsung.

YesDok Ads

Hal tersebut dipercaya karena ada dampak fruktosa terhadap hati, yang menyebabkan penyakit hati berlemak dan resistensi insulin lokal. Semua ini memicu produksi insulin abnormal di pankreas Anda dan meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Secara tidak langsung, kelebihan asupan gula dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan peningkatan lemak tubuh, yang merupakan salah satu faktor risiko untuk pengembangan diabetes dalam tubuh.

Sementara itu, Gula yang ditemukan secara alami dalam buah-buahan dan sayuran, dicerna dan diserap lebih lambat dan kecil kemungkinannya menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Faktanya, buah-buahan dan sayuran mengandung sedikit gula.

Namun, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa makan setidaknya satu porsi buah per hari dapat menurunkan risiko diabetes sebesar 7-13%.

Apakah Pemanis Buatan dapat Meningkatkan Risiko Diabetes? Pemanis buatan adalah gula buatan yang tidak secara langsung menyebabkan lonjakan kadar gula darah, namun telah lama dikaitkan dengan perkembangan diabetes tipe 2 dan resistensi insulin, dimana minum sekaleng soda per hari dikatakan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 25% - 67%.

Mulai saat ini sebaiknya anda kurangi asupan makanan olahan yang kaya kandungan gula dan minuman manis. Konsumsilah makanan yang kaya buah-buahan dan sayuran, pertahankan berat badan Anda, tidur teratur dan berolahraga setiap hari untuk mencegah risiko diabetes

YesDok Ads