Diet
+1

Apakah Makanan Gluten Free Boleh Dikonsumsi Semua Orang?

June 24, 2022 | Claudia

Makanan gluten free

Makanan gluten free atau makanan bebas gluten kerap dicari bagi orang-orang yang memiliki penyakit celiac atau intoleransi gluten. Gluten merupakan salah satu jenis protein yang terkandung dalam gandum biasa, gandum hasil persilangan (Triticale), dan barley. Lalu, apakah makanan gluten free lebih sehat dan bermanfaat untuk tubuh?

Makanan gluten free adalah makanan yang tidak mengandung gluten. Biasanya, orang-orang yang menderita celiac atau intoleransi gluten yang lebih umum dalam mengonsumsi makanan gluten free. Namun, orang yang tidak memiliki riwayat kedua penyakit tersebut pun tetap bisa mengonsumsi makanan gluten free, meski makanan ini sebenarnya tidak memiliki manfaat tambahan untuk tubuh. Malah menurut sebuah studi, makanan gluten free justru memiliki nutrisi yang kurang atau tidak cukup.

Gluten dapat memicu efek samping bagi para penderita celiac dan intoleransi gluten. Hal ini karena, sistem kekebalan tubuh penderita celiac, yang merupakan penyakit autoimun, menganggap gluten sebagai ancaman bagi tubuh. 

Ketika penderita celiac mengonsumsi gluten, lapisan dinding usus kecil akan diserang sehingga tubuh tidak bisa menyerap nutrisi yang dibutuhkan. Jika hal ini terjadi, maka efek samping yang akan timbul adalah diare, sakit perut, perut kembung, sering merasa lelah, berat badan menurun, dan terjadi hambatan pada pertumbuhan jika dialami oleh anak-anak.

YesDok Ads

Sementara itu, efek samping gluten pada penderita intoleransi gluten biasanya hampir serupa dengan yang terjadi pada penderita celiac, yang membedakan hanyalah tidak adanya kerusakan yang terjadi pada usus kecil para penderita intoleransi gluten.

Inilah alasan mengapa makanan gluten free sebenarnya hanya diperuntukkan bagi mereka yang bermasalah dengan protein gluten. Jika Anda tidak memiliki masalah terhadap gluten, Anda tidak perlu mengonsumsi produk makanan gluten free ini, karena makanan ini tidak akan memberikan manfaat yang spesial untuk tubuh Anda.

(Foto: ggl.life)

YesDok Ads