Apakah Konstipasi yang Disertai Dengan Sakit Kepala Berbahaya?

November 24, 2020 | Kaifia

Seorang wanita sedang mengalami sakit kepala.

Konstipasi adalah istilah medis yang digunakan ketika seseorang kesulitan buang air besar akibat pergerakan usus yang jarang terjadi. 

Seseorang dapat mengalami konstipasi atau sembelit jika mereka tidak buang air besar dalam 3 hari atau lebih atau apabila mereka mengalami kesulitan untuk buang air besar karena tidak bisa dikeluarkan dengan efektif.

Penyebab umumnya yaitu termasuk jarang mengonsumsi air putih dan tidak makan makanan bernutrisi dengan cukup. 

Oleh karena itu, meningkatkan asupan air putih dan asupan makanan bernutrisi dapat membantu mengurangi keparahan gejala.

Terkadang, seseorang juga bisa merasakan sensasi sakit kepala yang diakibatkan oleh sembelit. 

Jika kondisi ini terjadi pada saat waktu yang sama, Seseorang memerlukan asupan serat dan air putih yang cukup dan apabila mereka berlangsung pada jangka waktu yang lama, hal itu memerlukan perawatan yang intensif disertai dengan perubahan gaya hidup.
Sensasi sakit kepala bisa menyerang seluruh atau di satu sisi. Rasa sakit tersebut bisa berupa sensasi yang tajam dan kepala terasa berdenyut. Sakit kepala bisa berlangsung beberapa menit atau selama berhari-hari.

Dehidrasi yang dimana terjadi ketika seseorang kehilangan lebih banyak cairan daripada yang mereka konsumsi, dapat menyebabkan konstipasi dan sakit kepala.

YesDok Ads

Konstipasi juga terjadi akibat asupan makanan yang mengandung sedikit atau bahkan tanpa serat. Banyak dari makanan ini, seperti makanan cepat saji dan makanan olahan, serta makanan manis. Ini bisa menyebabkan sakit kepala.

Pengobatan

Pengobatan untuk kedua kondisi ini tergantung pada gejala yang mendasarinya. 

Jika kondisinya terkait dengan sindrom iritasi usus besar, diet tinggi serat dengan jumlah cairan harian yang tepat dapat membantu. 

Apabila disebabkan oleh kecemasan dan gangguan mood lainnya, maka dapat diobati dengan psikoterapi dan pengobatan.

Dalam kebanyakan kasus, diet yang seimbang dan asupan air putih yang cukup dapat mencegah serta mengatasi konstipasi yang disertai dengan sakit kepala.

YesDok Ads