Diet
+1

Apakah Kentang Goreng Memiliki Menfaat Kesehatan?

February 01, 2022 | Kaifia

Kentang goreng

Kentang goreng atau yang sering dikenal dengan french fries merupakan camilan yang sangat populer digemari oleh banyak kalangan masyarakat.

Meskipun kentang sebagai bahan utamanya berasal dari makanan rendah kalori serta rendah lemak, kentang goreng umumnya tinggi lemak, kalori dan natrium. 

Apabila Anda ingin memasukannya ke diet, pilihan terbaiknya yaitu dengan mengonsumsi kentang goreng secukupnya atau menggunakan metode memasak yang dapat mengurangi kandungan lemak dan natrium. 

Kentang goreng mungkin termasuk pilihan makanan non sehat tetapi mereka juga memiliki beberapa manfaat nutrisi bagi tubuh. Namun, perlu diingat bahwa sering mengonsumsinya bukanlah pilihan terbaik dan Anda mungkin akan berisiko alami gangguan kesehatan tertentu.

Fakta gizi kentang goreng

Berikut adalah fakta gizi yang dimiliki oleh kentang goreng dilansir oleh Very Well Fit

Lemak

Menurut data yang diperoleh dari USDA (United States Department of Agriculture), kentang goreng umumnya mengandung sekitar 13 gram lemak per hidangan. Ini termasuk 1,8 gram lemak jenuh, 5,4 gram tak jenuh ganda dan 5,4 gram lemak tak jenuh tunggal. 

YesDok Ads

Karbohidrat

Kentang goreng memiliki sekitar 196 kalori dan 18,5 gram karbohidrat dalam satu porsi. Namun, jumlah kalorinya dapat bervariasi tergantung pada bagaimana kentang goreng tersebut dimasak atau disajikan.

Vitamin dan mineral

Kentang goreng dapat menjadi sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh termasuk vitamin C (9,7mg), vitamin B6 (0,265mg) dan vitamin K (16,3mcg)

Apakah kentang goreng memiliki manfaat kesehatan?

Manfaat yang diperoleh dari french fries biasanya datang dari nutrisi yang terdapat pada kentang. Minyak dan bumbu yang digunakan saat menyiapkan kentang memiliki sedikit potensi bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Vitamin C yang terkandung dalam kentang dapat meningkatkan sistem imun tubuh serta juga memainkan peran dalam membangun jaringan ikat yang kuat dan memperbaiki luka.

YesDok Ads