Apakah Hipoglikemia Hanya Bisa Terjadi pada Pasien Diabetes?

August 07, 2019 | Claudia

Hipoglikemia, kerap terjadi pada penderita diabetes. Hipoglikemia merupakan suatu kondisi ketika kadar gula dalam darah menurun hingga di bawah 70 miligram per desiliter (mg/dl). Tapi, apakah kondisi hipoglikemia bisa terjadi pada mereka yang tidak menderita diabetes?

Gula darah atau yang juga dikenal dengan glukosa, merupakan sumber energi yang dibutuhkan dalam tubuh. Ketika glukosa dalam tubuh turun terlalu rendah, tubuh tentunya akan kekurangan energi, bahkan tubuh tak memiliki energi yang cukup untuk dapat berfungsi dengan baik, dan saat kondisi ini terjadi, inilah yang dinamakan hipoglikemia.

Konsumsi insulin yang terlalu banyak pada seseorang yang menderita diabetes, bisa memicu gula darah untuk turun drastis, yang pada akhirnya menyebabkan hipoglikemia. 

Pada penderita diabetes, mengonsumsi insulin terlalu banyak dapat menyebabkan kadar gula darah turun terlalu rendah dan memicu terjadinya hipoglikemia. Namun, ternyata orang yang tidak menderita diabetes pun bisa mengalami hipoglikemia.

Seseorang yang tidak menderita diabetes, dapat mengalami hipoglikemia ketika tubuhnya terlalu banyak memproduksi insulin setelah makan, yang kemudian berdampak pada turunya kadar gula darah. Inilah yang kemudian disebut sebagai hipoglikemia reaktif.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang juga bisa menyebabkan hipoglikemia, yakni:

Konsumsi obat

Mengonsumsi obat diabetes yang diresepkan untuk orang lain juga dapat menyebabkan hipoglikemia. Hipoglikemia sendiri juga bisa menjadi efek samping dari:

YesDok Ads

  • Obat malaria
  • Antibiotik tertentu
  • Beberapa obat pneumonia

Anoreksia

Seseorang yang memiliki gangguan makan anoreksia, tidak mengonsumsi makanan ang cukup untuk mengisi ulang energi dalam tubuh mereka. Ini juga menyebabkan tubuh menjadi sulit untuk menghasilkan glukosa yang cukup.

Minum alkohol terlalu banyak

Ketika kadar gula darah seseorang rendah, pankreas akan melepaskan hormon yang disebut glukagon. Glukagon kemudian akan memberitahu hati untuk memcah energi yang tersimpan. Hati kemudian melepaskan glukosa kembali ke aliran darah untuk menormalkan kadar gula.

Minum terlalu banyak alkohol akan menyulitkan hati untuk berfungsi dengan baik. Hati mungkin tidak dapat lagi melepas glukosa kembali ke aliran darah, yang kemudian menyebabkan hipoglikemia sementara.

Hepatitis

Hepatitis merupakan sebuah kondisi peradangan yang memengaruhi organ hati. Hepatitis dapat menghambat organ hati untuk bekerja dengan baik, dan jika hati tidak dapat memproduksi atau melepaskan cukup glukosa, ini bisa menyebabkan masalah pada kadar gula darah dan kemudian menyebabkan hipoglikemia.

(Foto: dlife.com)

YesDok Ads