Apakah Demensia Dapat Dicegah?

February 04, 2023 | Kaifia

Demensia Dapat Dicegah

Demensia merupakan istilah untuk menggambarkan sekumpulan gejala yang berdampak pada fungsi kognitif seseorang seperti memori, kemampuan berpikir, daya ingat emosi serta ketidakmampuan dalam menjalani aktivitas yang produktif.

Perubahan pada otak ini memicu penurunan keterampilan berpikir bahkan memengaruhi perasaan, perilaku serta hubungan Anda dengan orang sekitar.

Beberapa faktor risiko penyakit demensia seperti usia dan genetik yang mutlak atau tidak mampu diubah, namun apakah terdapat hal tertentu yang bisa dicegah untuk menurunkan risiko penyakit demensia? Apakah demensia dapat dicegah?

Hopkins Medicine melansir bahwa pada artikel tahun 2017 di JAMA Neurology, penulis melihat data dari 15.744 orang dari seluruh negeri untuk melihat hubungan antara merokok, diabetes, dan tekanan darah tinggi serta adanya kemungkinan mengembangkan demensia selama 25 tahun.

Penderita tekanan darah tinggi di usia paruh baya meningkatkan risiko terkena selama 25 tahun ke depan sebesar 40%. Pada kasus diabetes, risiko itu meningkat hingga 80% dimana hampir sama dengan peningkatan risiko seperti mempunyai kerentanan genetik untuk Alzheimer. 

Pilihan serta perubahan gaya hidup sehat di usia 40-an dapat membuat perbedaan dalam risiko demensia. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter tentang strategi yang tepat dalam upaya mencegah penumpukan plak dan penyempitan arteri.

Hubungan demensia dengan diet sangat signifikan terutama untuk kesehatan otak. Anda dapat menurunkan risiko demensia dengan beberapa hal berikut ini

  • Menjaga diet sehat
  • Mempertahankan berat badan
  • Berhenti merokok
  • Batasi asupan alkohol
  • Menjaga tekanan darah tetap normal

Mengutip dari National Health Service UK, tampaknya depresi yang tidak diobati dapat meningkatkan risiko demensia. Mood yang berantakan, kecemasan atau depresi mampu memengaruhi Anda untuk aktif secara sosial.

Berikut penjelasan mengenai apakah penyakit demensia dapat dicegah? Simak penjelasan dan informasi kesehatan lainnya, hanya di YesDok.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads