Apakah Bayi Bisa Melihat Isi Perut Ibu? Ini Penjelasannya

January 09, 2023 | Aqiyu

Bayi Bisa Melihat Isi Perut Ibu

Setiap bulan janin dalam kandungan mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang pesat. Banyak hal yang sudah dipelajari janin dalam rahim. Salah satunya adalah janin sudah bisa mulai melihat. Apakah bayi bisa melihat isi perut ibu?

Menginjak usia 26 minggu, bayi sudah bisa membuka mata dan melihat isi rahim ibu. Bayi sudah bisa mengedip dan kelopak matanya sebelum tertutup untuk menunggu saatnya retina terbentuk dengan sempurna. Untuk mendukung perkembangan indera penglihatannya, berikan makanan yang mengandung omega-3 tinggi dan DHA.

Lalu, pada usia 31 minggu pupil mata janin dapat menyempit, melebar, bahkan mendeteksi cahaya di sekitar. Inilah kenapa jika Anda menyenteri perut ibu hamil dan maka janin dalam rahim akan merespon dengan menendang.

Sementara, seiring berkembangnya penglihatan janin pada usia tersebut mengalami perubahan pada ukuran dan berat badan janin. Di Awal trimester ketiga, panjang bayi mencapai 35 cm dan beratnya hampir 1 kg yakni 0,9 kg. Indera pendengarannya juga semakin terbentuk. Janin sudah dapat mendengar dan merespon suara dari luar. 

Si kecil dalam perut juga sudah bisa menunjukkan perubahan ekspresinya saat USG. Dan, Anda tidak akan lagi penasaran dengan jenis kelamin si kecil. Jika beruntung dengan posisi si kecil maka dapat menunjukkan alat vitalnya. Pada bayi laki-laki testis sudah mulai turun ke dalam skrotum. Paru-parunya juga berkembang pesat. Bayi pun sudah mulai mencari posisi untuk jalan lahirnya. Pada usia ini, sebaiknya posisi kepala bayi sudah di bawah. Sebenarnya si kecil dapat berputar-putar mengubah posisi hingga menjelang waktu lahir. Tapi perlu diingat, semakin besar bayi maka rahim akan semakin sempit dan bayi harus berusaha keras untuk ke posisi ideal.

Sedangkan di usia 26 kehamilan, ibu hamil akan merasakan beberapa keluhan. Diantaranya nyeri punggung bagian bawah, susah buang air kecil atau sembelit, stretch mark semakin terlihat, hingga sakit kepala. Waspada juga karena ibu hamil bisa mengalami kontraksi palsu atau braxton hicks. Kontraksi ini membuat perut menjadi kram seperti menstruasi dan perut kencang.

Berikut penjelasan mengenai apakah bayi bisa melihat isi perut ibu. Simak penjelasannya.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: American society for nutrition)

YesDok Ads