Apakah Anda Suka Pijat Refleksi? Ini Manfaatnya

December 02, 2021 | Claudia

Pijat Refleksi

Pijat refleksi adalah jenis terapi manual yang melibatkan pemberian tekanan pada kaki, telinga, atau tangan. Pijat refleksi biasanya digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan stres.

Ahli pijat refleksi percaya, bahwa area yang berbeda, yang juga dikenal sebagai titik refleks, berhubungan dengan organ tertentu dari tubuh dan sistem tubuh kita. Misalnya, lengkungan kaki berhubungan dengan organ hati. Meningkatkan tekanan ke titik refleks tertentu diyakini dapat merangsang sistem saraf parasimpatis seseorang.

Pijat refleksi didasarkan pada prinsip dari Tiongkok, bahwa area tertentu di telapak kaki atau tangan mengandung jutaan jung saraf yang berhubungan dengan bagian tubuh lainnya. Semua sistem dan organ tubuh dicerminkan atau direfleksikan di area periferal yang kecil.

Refleksi merangsang tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri dengan meningkatkan sirkulasi, mengurangi stres, mengurangi rasa sakit, memulihkan keseimbangan tubuh pasien. Seorang terapis mungkin akan memberikan tekanan pada jempol pada pergelangan kaki, untuk menenangkan sistem endokrin dan reproduksi, sehingga ini juga membantu meredakan gejala PMS atau menopause.

YesDok Ads

Ahli pijat refleksi memang tidak bisa mengklaim atau mendiagnosis dan menyembuhkan penyakit apa pun. Akan tetapi, pijat refleksi memiliki berbagai manfaat potensial,seperti mengurangi stres, kecemasan, dan rasa sakit.

Pijat refleksi juga dapat memberikan efek perbaikan suasana hati dan kesehatan secara umum. Ini karena sistem saraf, yang bertugas mengatur hampir setiap aspek kesehatan dan kesejahteraan, dapat dipengaruhi oleh faktor luar, termasuk sentuhan.

Memberikan tekanan pada tangan dan kaki dapat membantu meningkatkan suplai darah, mengurangi ketegangan, dan membawa keseimbangan pada tubuh. Akan tetapi, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai perawatan pijat refleksi.

(Foto: thefootbridge.com)

YesDok Ads