0 Point

Apa yang Terjadi Jika Anda Mengurangi Konsumsi Gula?

Gula merupakan salah satu bahan makanan yang banyak disukai, ini karena gula memberikan rasa yang manis. Banyak orang menyukai rasa manis, karena merasakan rasa manis di lidah bisa menghantarkan kebahagiaan pula pada diri kita.

Sayangnya, bagi Anda yang tengah dalam program diet penurunan berat badan, gula sudah barang pasti bukan sahabat baik Anda. Terlalu banyak gula bisa membuat kenaikan berat badan, belum lagi risiko diabetes yang mengancam.

Bagi Anda yang berada dalam kelompok paling rentan terkena diabetes, di mana Anda memiliki riwayat keluarga dengan diabetes, maka konsumsi gula harus benar-benar dibatasi. Jika tidak, ini semua akan berujung pada satu hal buruk yang tidak Anda inginkan. Meski sulit, namun secara perlahan Anda harus mengurangi sedikit demi sedikit asupan gula ke dalam tubuh Anda. Omong-omong, apa sih yang akan terjadi jika Anda mengurangi konsumsi gula? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Anda akan memiliki jantung yang sehat

Ketika Anda terlalu banyak mengonsumsi gula, ini akan meningkatkan kadar insulin, yang merangsang sistem saraf simpatik, sehingga dapat meningkatkan denyut jantung serta tekanan darah Anda. Dan ketika Anda berhenti mengonsumsi gula, tekanan darah Anda akan stabil dalam rentang waktu satu minggu. Selain itu, kolesterol jahat dalam tubuh Anda juga akan berkurang.

Diabetes dapat terkontrol

Kekhawatiran terbesar penderita diabetes adalah mengurangi semua bentuk asupan gula. Ini karena benar-benar mengurangi asupan gula dapat mematikan produksi insulin dalam tubuh. Tetapi jika Anda mengganti gula dengan pilihan yang lebih sehat, tidak hanya lemak tetapi juga kadar insulin dalam darah Anda akan berada pada tingkat yang lebih sehat.

Kesehatan kulit lebih terjaga

Asupan gula berlebih tidak hanya berkontribusi pada penambahan berat badan dan peningkatan risiko diabetes, tetapi juga berkontribusi terhadap munculnya jerawat di wajah Anda. Faktanya sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa wanita yang berhenti minum minuman bersoda yang mengandung gula, dilaporkan memiliki peningkatan pada kesehatan kulit yang lebih baik tanpa harus menggunakan krim dan produk perawatan kulit lainnya.

Berat badan akan turun

Ini merupakan salah satu keuntungan dari mengurangi konsumsi gula berlebih yang paling menarik. Ketika Anda mengurangi konsumsi gula, tubuh Anda mulai membuat keton untuk energi dari lemak, karena tidak adanya glukosa. Ini disebut mode pembakaran lemak. Namun, Anda mungkin mengalami sejumlah gejala seperti sakit kepala, kelelahan, dan kram. Tapi kabar baiknya, gejala ini paling tidak akan segera mereda dalam waktu seminggu. Namun, konsultasikan juga dengan ahli gizi Anda untuk memahami efek samping dari mengurangi asupan gula dalam diet Anda.

(Foto: health.usnews.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok