Apa yang Menyebabkan Kutu Air Muncul di Tangan?

June 01, 2022 | Claudia

Kutu air

Apakah Anda kerap mengalami kutu air? Meski kecil-kecil, kemunculan kutu air sangat mengganggu karena rasa gatalnya yang kerap tak tertahankan. Kutu air paling sering muncul di telapak kaki, namun, bisa juga muncul di telapak tangan.

Munculnya kutu air bisa menimbulkan berbagai gejala, seperti gatal, kulit memerah, dan timbulnya lenting-lenting berisi cairan bening. Kutu air terjadi akibat infeksi jamur yang menular. Kontak langsung dengan bagian tubuh yang terinfeksi kutu air, berisiko menularkan kutu air ke bagian tubuh yang lain.

Kutu air biasanya muncul di bagian tubuh yang lembap. Orang-orang yang tinggal dalam iklim panas dan lembap juga rentan mengalami kutu air. Penggunaan sarana mandi umum juga patut dipertimbangkan, karena ini bisa menjadi tempat penularan paling mudah untuk kutu air.

YesDok Ads

Untuk menghindari kutu air, Anda harus lebih peduli terhadap kebersihan setiap anggota tubuh. Untuk mencegah kutu air di telapak tangan, cuci tangan hingga bersih dan keringkan dengan benar. Jika Anda rutin memakai sarung tangan, pastikan sarung tangan selalu dalam keadaan bersih dan tidak lembap.

Hindari juga kontak langsung dengan hewan dan orang yang tengah terinfeksi kutu air. Hindari menyentuh area tubuh lain dengan tangan yang sudah terinfeksi kutu air untuk mencegah penularan kutu air. Jangan memecahkan kutu air, karena ini akan semakin memperparah kondisi kutu air dan meningkatkan risiko penularan kutu air ke anggota tubuh yang lain.

(Foto: microwinlabs.com)

YesDok Ads