0 Point
Kuku kaki

Apa yang Menyebabkan Kuku Kaki Menguning?

Penggunaan cat kuku yang berlebihan atau infeksi jamur, adalah penyebab paling umum dari kuku kaki yang menguning. Akan tetapi, kuku kaki yang menguning juga bisa menjadi pertanda adanya masalah serius.

Kuku biasanya berwarna transparan dengan daging merah muda di bawahnya terlihat jelas. Namun, beberapa hal bisa mengubah warna kuku menjadi kuning. Kuku yang menguning bisa menjadi konsekuensi alami dari proses penuaan. Perubahan warna, ketebalan, dan bentuk kuku kaki dapat terjadi, seiring bertambahnya usia, sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

Akan tetapi, ada beberapa penyebab yang bisa jadi serius di balik kuku kaki yang menguning, apa saja?

Infeksi

Jika kuku kaki bersentuhan dengan jamur yang berbahaya, ini dapat menyebabkan infeksi jamur kuku yang disebut dengan onikomikosis. Onikomikosis dapat memengaruhi bagian mana pun dari kuku kaki, dan membuatnya tampak menguning. Infeksi ini juga bisa membuat seseorang menjadi tidak nyaman, dan bahkan membuat seseorang yang mengalaminya kesulitan berjalan. Infeksi jamur merupakan penyebab umum kuku kaki yang menguning.

Sindrom kuku kuning

Sindrom kuku kuning adalah kondisi yang sangat langka, yang bisa menyebabkan kuku tangan dan kuku kaki menguning. Kuku juga bisa tumbuh lebih lambat, tidak memiliki kutikula, dan mudah rusak. Sindrom kuku kuning juga memiliki gejala yang lebih parah, termasuk masalah pernapasan dan pembengkakan pada tungkai bagian bawah. Penyebab kondisi ini tidak begitu diketahui, namun lebih sering terjadi pada orang berusia di atas 50 tahun.

Cat kuku

Penggunaan cat kuku yang berlebihan, dapat menyebabkan kuku kaki berubah warna. Secara khusus, menggunakan cat kuku dengan warna merah, kuning, atau oranye, dapat membuat kuku kaki tampak kuning. Meskipun tampak jelek, kuku kaki yang menguning akibat penggunaan cat kuku yang terlalu banyak tidak berbahaya.

Kondisi medis

Kuku kaki kuning juga dapat dialami oleh beberapa orang sebagai salah satu gejala dari masalah kesehatan yang dialaminya. Beberapa masalah kesehatan itu adalah:

  • Psoriasis
  • Tuberkulosis
  • Kondisi tiroid bermasalah
  • Diabetes
  • Radang dalam selaput lendir
  • Penyakit kuning

(Foto: thehealthy.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok