Apa yang Harus Anda Ketahui Tentang Ferritin dan Pertumbuhan Rambut

November 20, 2019 | Kaifia

Ferritin merupakan protein yang menyimpan zat besi untuk digunakan tubuh sesuai kebutuhan. Banyak bagian tubuh yang mengandung ferritin, termasuk limpa, hati, darah, dan rambut. Ketika seseorang memiliki jumlah ferritin yang rendah, mereka juga akan kekurangan zat besi.

Karena folikel rambut mengandung ferritin, beberapa orang mengira bahwa meningkatkan kadar ferritin dan zat besi dapat mengembalikan rambut yang sehat. Namun, penting untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang akurat dari dokter karena terlalu banyak zat besi dapat menyebabkan masalah.

Dokter dapat menggunakan tes feritin untuk memeriksa kadar zat besi dalam tubuh.

Ferritin dan pertumbuhan rambut

Zat besi memainkan peran penting dalam banyak proses tubuh yang esensial. Tanpa zat besi, tubuh tidak dapat membuat cukup sel darah merah.

Sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Ketika ada lebih sedikit sel darah merah yang tersedia, tubuh mengalami kesulitan mengangkut oksigen ke berbagai organ dan jaringan. Ini dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk anemia dan kerontokan rambut.

Salah satu penelitian, Source Trust menemukan bahwa secara umum, orang yang mengalami kerontokan rambut memiliki tingkat zat besi yang lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Studi kecil lainnya telah mendukung klaim ini. Misalnya, satu studi menemukan bahwa wanita dengan rambut rontok memiliki kadar feritin serum yang rendah, memenuhi syarat mereka untuk kekurangan zat besi. Ini adalah studi kecil, dan studi yang lebih luas mungkin membantu menjelaskan korelasi antara keduanya.

Meningkatkan kadar ferritin

Jika dokter mencurigai kadar feritin rendah berperan dalam kerontokan rambut seseorang, dokter umumnya akan meresepkan suplemen zat besi dan kemudian memantau gejalanya.

Apabila rambut rontok secara langsung berkaitan dengan kadar besi dan feritin yang rendah, maka peningkatan asupan zat besi harus mengisi kembali feritin dalam folikel rambut, yang menyebabkan rambut lebih sehat.

Namun, meningkatkan kadar feritin tidak akan meningkatkan pertumbuhan rambut pada individu sehat yang memiliki kadar zat besi dan feritin normal.

YesDok Ads

Ini juga penting untuk mengetahui bahwa zat besi berlebihan dapat mengakibatkan efek samping, seperti keracunan zat besi dan bahkan kerusakan organ dan jaringan.

Risiko dan pencegahan

Mengonsumsi terlalu banyak zat besi dalam satu waktu atau dalam waktu lama dapat menyebabkan masalah, bahkan pada orang dengan tingkat zat besi yang lebih rendah.

Mengambil terlalu banyak zat besi dapat menyebabkan gejala seperti:

  • Sakit perut

  • Detak jantung yang cepat

  • Tekanan darah rendah

  • Muntah

  • Feses berdarah atau hitam

Zat besi merupakan oksidan, yang berarti itu bisa bereaksi dengan molekul lain di dalam tubuh. Terlalu banyak zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan serius di hati dan organ lainnya. Seiring waktu, ini dapat menyebabkan kegagalan organ atau bahkan kematian.

Siapa pun yang mencurigai kadar besi rendah harus melakukan tes darah. Ini adalah satu-satunya cara agar dokter dapat mendiagnosis secara akurat apakah seseorang memiliki kadar feritin yang rendah.

(Foto: linuxvalley.com)

YesDok Ads