Apa yang Bisa Anda Lakukan Saat Alami Nyeri Payudara?

December 16, 2021 | Claudia

Nyeri Payudara

Nyeri payudara merupakan kondisi umum yang dirasakan oleh banyak wanita. Nyeri payudara biasanya muncul di masa premenstrual syndrome (PMS), atau bahkan ketika menstruasi berlangsung.

Nyeri payudara biasa dikenal dengan mastalgia. Penyebabnya beragam, termasuk perubahan hormon, menyusui, pembentukan kista payudara, menyusui, pubertas dini pada anak perempuan, kehamilan, menopause, operasi payudara, penggunaan bra yang tidak pas, dan lain-lain.

Jika terganggu dengan nyeri payudara, ada beberapa pengobatan alami yang bisa Anda lakukan, seperti:

Pijat

Memijat payudara dapat membantu meredakan peradangan dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat mengusir rasa nyeri. Dengan bantuan minyak zaitun yang sudah dipanaskan, pijat payudara Anda dua kali dalam sehari. Relaksasi yang diberikan dari pijatan bisa membantu meredakan rasa nyeri.

Es batu

YesDok Ads

Kompres dengan es dapat membantu mengatasi nyeri di payudara. Ini berkat suhu dingin yang dapat meredakan peradangan dan nyeri di area tersebut.

  • Taruh beberapa es batu di dalam sebuah handuk bersih.
  • Tempelkan kompres es batu ini pada payudara selama 10 menit.
  • Ulangi pengobatan ini sampai nyeri mereda.

Cuka sari apel

Cuka sari apel ternyata dapat membantu Anda meredakan nyeri di payudara. Cuka sari apel membantu dengan cara mengatur hormon, sehingga mengurangi rasa sakit dan nyeri di payudara.

  • Tambahkan 2 sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas penuh air hangat.
  • Tambahkan juga beberapa tetes madu dan aduk semua hingga merata.
  • Minum campuran ini dua kali dalam sehari untuk hasil yang cepat.

Vitamin E

Vitamin E membantu mengatur hormon yang dapat meredakan nyeri payudara. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E saat Anda merasakan nyeri di bagian payudara akan sangat membantu, seperti biji bunga matahari, almond, minyak zaitun, bayam, alpukat, dan lain-lain.

(Foto: thomsonmedical.com)

YesDok Ads