Diet
+1

Apa Saja Manfaat Mengonsumsi Jamur?

February 25, 2020 | Kaifia

Jamur.

Jamur dapat memberikan beberapa nutrisi penting. Banyaknya jenis jamur memiliki komposisi dan gizi yang bervariasi.

Dari jamur puffball hingga truffle, jamur dapat berkisar dari makanan sehari-hari hingga makanan lezat yang mahal. Anda bisa membelinya segar, kalengan, atau kering.

Manfaat kesehatan

Kanker

Menurut National Cancer Institute, kandungan antioksidan dalam jamur dapat membantu mencegah kanker paru-paru, prostat, payudara, dan jenis lainnya.

Beberapa sumber telah menyarankan bahwa selenium dapat membantu mencegah kanker, tetapi ulasan Cochrane, dari 2017, tidak menemukan bukti untuk mengkonfirmasi hal ini.

Diabetes

Serat makanan dapat membantu mengelola sejumlah kondisi kesehatan, termasuk diabetes tipe 2.

Sebuah tinjauan 2018 tentang meta-analisis menyimpulkan bahwa orang yang makan banyak serat mungkin memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Bagi mereka yang sudah memilikinya, serat dapat membantu mengurangi kadar glukosa darah.

YesDok Ads

Kesehatan jantung

Serat, potasium, dan vitamin C dalam jamur dapat berkontribusi untuk kesehatan jantung.

Kalium dapat membantu mengatur tekanan darah, dan ini dapat mengurangi risiko hipertensi dan penyakit kardiovaskular. The American Heart Association (AHA) merekomendasikan pengurangan asupan garam tambahan dalam makanan dan makan lebih banyak makanan yang mengandung potasium.

Dalam kehamilan

Banyak wanita mengonsumsi asam folat, atau suplemen selama kehamilan untuk meningkatkan kesehatan janin, tetapi jamur juga dapat memberikan folat.

Kemungkinan risiko kesehatan

Jamur dapat membuat hidangan lezat, tetapi racun dalam beberapa jamur dapat memicu masalah kesehatan yang fatal. Beberapa jamur juga mengandung logam berat dan zat kimia berbahaya tingkat tinggi.

Untuk menghindari bahaya ini, konsumsilah jamur dari sumber yang dapat diandalkan.

(Foto: thelondoneconomic.com)

YesDok Ads