Diet
+1

Apa Saja Manfaat Ikan Kembung? Ini yang Perlu Anda Tahu

March 22, 2023 | Claudia

Manfaat Ikan Kembung

Ikan kembung adalah nama dari sekelompok ikan laut yang tergolong ke dalam genus Rastrelliger, famili Scombridae. Ikan kembung masih merupakan "kerabat dekat" dengan ikan tenggiri, tongkol, tuna, dan makerel. Anda harus mengetahui apa saja manfaat ikan kembung bagi kesehatan.

Ikan kembung memiliki rasa yang enak saat masih segar. Untuk rasa terbaik, ikan kembung sebaiknya dimakan dalam waktu 24 jam setelah ditangkap.

Manfaat Ikan Kembung

Ada banyak manfaat ikan kembung untuk kesehatan, beberapa di antaranya yakni:

Meningkatkan kesehatan jantung

The American Heart Association merekomendasikan makan setidaknya dua porsi ikan berlemak seperti ikan kembung per minggu. 

Ikan kembung memiliki jumlah omega-3 yang tinggi. Lemak baik ini diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang rutin mengonsumsi ikan kembung, memiliki tekanan darah yang stabil dan lebih sedikit kolesterol dalam darahnya.

Memiliki tekanan darah yang stabil membuat jantung tidak harus bekerja terlalu keras untuk memompa darah. Demikian pula, lebih sedikit kolesterol menyebabkan lebih sedikit penumpukan lemak di arteri jantung. Hasilnya, jantung akan tetap kuat dan terhindar dari berbagai masalah jantung.

Mencegah gangguan otak

Omega-3 yang terkandung dalam ikan kembung, juga memainkan peran besar dalam perkembangan otak. Lemak ini mengontrol pelepasan hormon di otak, yang pada gilirannya membantu menjaga fungsi otak.

YesDok Ads

Studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi omega-3 secara rutin, dapat mengurangi risiko masalah kesehatan mental seperti depresi, gangguan bipolar, dan autisme.

Memperkuat tulang

Ada banyak nutrisi dalam ikan kembung yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Salah satu yang paling dibutuhkan adalah vitamin D. Vitamin ini membantu metabolisme fosfor dan kalsium, yakni dua mineral yang dibutuhkan tulang untuk tumbuh.

Mencukupi kebutuhan vitamin D dapat menurunkan risiko tulang keropos dan patah tulang. Selain vitamin D, ikan kembung juga mengandung tembaga dan selenium, yakni mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang.

Membantu menurunkan berat badan

Ikan kembung memiliki jumlah lemak dan protein yang baik. Studi menunjukkan bahwa, dibandingkan dengan karbohidrat, lemak dan protein jauh lebih bermanfaat dalam menurunkan kadar ghrelin, yakni hormon lapar yang meningkatkan keinginan seseorang untuk makan.

Selain itu, sebagai makanan berprotein tinggi, ikan kembung dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ini dapat menghentikan Anda dari kebiasaan makan berlebihan dan membantu Anda mempertahankan berat badan.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: greatbritishchefs.com)

YesDok Ads