Apa Penyebab Rambut Berminyak?

September 03, 2021 | Claudia

Rambut berminyak

Rambut berminyak merupakan salah satu masalah yang dialami oleh banyak orang. Saat terlalu banyak minyak di rambut, rambut akan tampak lepek, dan ini sangat mengganggu penampilan Anda. Tak hanya itu, bahkan rambut yang sangat berminyak juga bisa memicu masalah lain seperti ketombe dan rambut rontok.

Rambut yang berminyak juga sering berbau tak sedap. Untuk bisa mengatasi masalah ini, Anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan rambut Anda begitu berminyak. Ini beberapa penyebabnya:

Rambut terlalu tipis

Saat rambut terlalu tipis, sebum yang dikeluarkan oleh kulit kepala tidak akan terserap sempurna oleh rambut. Ini kemudian membuat rambut tampak lebih lepek dan berminyak.

Kondisi kesehatan

Masalah hormon atau konsumsi pil KB bisa meningkatkan produksi sebum di seluruh tubuh, termasuk di kulit kepala. Beberapa kondisi pada kulit kepala seperti ketombe atau infeksi jamur, juga dapat menyebabkan rambut lebih berminyak dan lepek.

Terlalu sering keramas

Banyak orang dengan rambut berminyak memilih untuk berkeramas setiap hari agar rambutnya tidak tampak lepek. Sayangnya, terlalu sering berkeramas justru akan membuat rambut semakin berminyak. Saat terlalu sering keramas, kulit kepala akan menjadi lebih kering, ini memicu kelenjar sebaceous untuk memproduksi lebih banyak sebum guna melembapkan kulit kepala. Pada akhirnya, ini malah akan membuat rambut semakin berminyak dan juga lepek.

Kelembapan udara

Pernah memerhatikan bahwa rambut Anda tidak lepek saat cuaca di sekitar Anda dingin? Ini karena kelembapan di udara memiliki peran besar dalam produksi minyak di kulit kepala. Inilah mengapa, ketika cuaca sedang panas-panasnya, rambut Anda juga akan menjadi lebih berminyak.

Faktor genetik

Rambut yang berminyak juga bisa terjadi akibat faktor genetik. Jika orang tua Anda memiliki jenis rambut yang berminyak, maka tak heran jika Anda juga memilikinya.

(Foto: emedihealth.com)

YesDok Ads