Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasi Ketombe di Bulu Mata?

July 06, 2022 | Claudia

Ketombe di Bulu Mata

Beberapa orang mungkin menyadari adanya ketombe di bulu mata mereka. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ketombe rupanya tak hanya bisa terjadi di kulit kepala, namun juga bisa ada pada bulu mata atau bahkan alis Anda. Tak hanya bisa merusak penampilan, ketombe di bulu mata juga bisa menjadi masalah kesehatan yang perlu diperhatikan.

Secara umum, ada dua kondisi yang berpotensi menjadi penyebab ketombe di bulu mata, yakni:

Blefaritis: blefaritis adalah kondisi peradangan pada tepi kelopak mata, yang bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur, mata kering, disfungsi kelenjar meibom, dan lain-lain. Ketombe di bulu mata yang terjadi akibat blefaritis mungkin akan menyebabkan beberapa gejala, yakni sensasi terbakar di area mata, iritasi, dan mata seperti berpasir.

Dermatitis seboroik: Dermatitis seboroik adalah kondisi peradangan kulit kronis. Kondisi ini ditandai dengan munculnya serpihan ketombe berwarna putih atau kekuningan yang bisa muncul di bulu mata, alis, belakang telinga, dan berbagai bagian tubuh lainnya.

Kondisi ketombe di bulu mata bisa diobati dengan cukup mudah, bahkan pengobatan rumahan bisa membantu mengatasi masalah ini. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda menerapkan pengobatan rumahan ini untuk mengatasi kondisi ketombe di bulu mata, seperti Anda harus berhati-hati dalam mengaplikasikan obat-obatan untuk mengatasi kondisi ini, dikarenakan area mata yang sangat halus dan sensitif. Selain itu, hindari penggunaan obat dengan bahan kimia yang terlalu keras.

Beberapa hal yang bisa membantu mengatasi kondisi ketombe di bulu mata antara lain:

Sampo bayi

Jika terjadi masalah di area mata dan Anda ingin segera mengatasinya, patut diingat untuk selalu memilih produk perawatan yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi. Sampo bayi bisa menjadi pilihan untuk mengatasi masalah ketombe di bulu mata. Ini karena sampo bayi dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat dan penumpukan minyak pada garis bulu mata, yang bisa menyebabkan peradangan. Selain itu, sampo bayi juga bisa membantu menyingkirkan infeksi bakteri atau jamur yang menyebabkan ketombe.

Minyak almond

YesDok Ads

Minyak almond bekerja dengan baik untuk mengatasi masalah pada rambut, termasuk masalah ketombe di bulu mata. Minyak almond dapat menjadi emolien yang berfungsi untuk membersihkan kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati dari sekitar mata yang bisa menyebabkan ketombe. Tak hanya itu, minyak almond juga dapat memelihara dan melembapkan folikel rambut, sehingga dapat mendorong pertumbuhan rambut baru pada bulu mata atau alis.

Tea tree oil

Peradangan di area mata yang bisa menyebabkan kondisi ketombe di bulu mata bisa terjadi akibat infeksi jamur. Tea tree oil memiliki sifat antijamur yang dapat secara ampuh menyingkirkan jamur penyebab infeksi.

Minyak zaitun

Area mata yang kering juga bisa menyebabkan terbentuknya ketombe di bulu mata. Melembapkan area ini akan sangat membantu mengatasi masalah ketombe di bulu mata. Minyak zaitun bisa membantu melembapkan dan menghidrasi kulit di sekitar bulu mata dan alis. Pada akhirnya, ini bisa membantu mengurangi ketombe di bulu mata.

Kompres hangat

Ketombe pada bulu mata biasanya disertai dengan gejala lain, seperti kemerahan dan iritasi pada area mata. Kompres hangat dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah seperti kemerahan, iritasi, gatal, dan  mata kering.

(Foto: india.com)

YesDok Ads