Apa Itu Psoriasis Kulit Kepala? Ini Gejala dan Bedanya dengan Ketombe

October 24, 2022 | Claudia

Psoriasis Kulit Kepala

Psoriasis kulit kepala adalah kondisi autoimun yang menyebabkan peradangan kronis pada kulit kepala. Saat terjadi psoriasis kulit kepala, kulit akan terasa sangat gatal, bersisik, dan bahkan mengelupas.

Psoriasis kulit kepala dapat memengaruhi keseluruhan kulit kepala, atau muncul hanya sebagai bercak kulit yang memerah dan menebal. Kemunculan bercak bisa di mana saja, bisa hanya sebatas sampai tepi garis rambut, di belakang atau di dalam telinga, hingga leher bagian atas.

Tampilan psoriasis akan sangat bergantung pada kulit seseorang. Pada orang dengan kulit yang lebih cerah, bercak mungkin akan berwarna merah muda atau merah tua. Sementara pada orang berkulit lebih gelap, bercak mungkin muncul dengan warna kemerahan, ungu, atau bahkan cokelat. Tak hanya muncul sebagai bercak dengan ruam, tapi kulit pada area bercak juga bisa menebal.

Gejala psoriasis kulit kepala

Beberapa gejala psoriasis kulit kepala yang bisa muncul antara lain:

  • Kulit kering, bersisik, dan menjadi bercak yang berwarna kemerahan, kecokelatan, dan lain-lain
  • Rasa gatal yang luar biasa
  • Sensasi terbakar atau bahkan muncul nyeri pada area kulit yang terkena
  • Kerontokan rambut pada area kulit munculnya bercak psoriasis

Tak hanya di kulit kepala, psoriasis juga dapat meluas hingga ke dahi, leher, hingga telinga seseorang. Kerontokan rambut dapat terjadi ketika seseorang menggaruk area kulit tempat psoriasis muncul. Selain menyebabkan kerontokan rambut, menggaruk juga dapat menyebabkan pendarahan, infeksi, dan berujung luka.

Penelitian menemukan bahwa orang dengan psoriasis kulit kepala memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan psoriasis arthritis.

Psoriasis kulit kepala vs ketombe

Psoriasis kulit kepala mungkin dapat terlihat seperti ketombe atau yang juga dikenal sebagai dermatitis seboroik. Namun psoriasis kulit kepala umumnya menyebabkan penumpukan sel kulit mati yang kemudian menebal.

YesDok Ads

Sementara itu, ketombe menyebabkan serpihan kecil kulit, baik pada kulit kering atau berminyak,. Kulit yang mengalami ketombe mungkin akan mengalami perubahan warna, muncul rasa gatal, dan ditutupi oleh sisik halus. Selain di kulit kepala, ketombe juga bisa terjadi di alis, hidung, ketiak, bagian tengah dada, punggung, hingga selangkangan.

Selain ketombe, ada beberapa kondisi kulit lain yang memiliki gejala seperti psoriasis kulit kepala, yakni:

  • Kurap
  • Infeksi jamur yang menyebabkan ruam kulit yang bersisik dan berbentuk cincin

Psoriasis kulit kepala memungkinkan munculnya bercak kulit yang bersisik dan kering, namun umumnya tidak berbentuk cincin.

Penyebab psoriasis kulit kepala

Psoriasis adalah kondisi autoimun yang menyebabkan peradangan kulit akibat sel-sel kulit yang menumpuk.

Pembentukan sel baru di kulit kepala umumnya memakan waktu berminggu-minggu. Namun seseorang dengan psoriasis kulit kepala mengalami sel-sel kulit yang terbentuk hanya dalam beberapa hari, sehingga tubuh akan kesulitan untuk melepas sel-sel berlebih. Saat sel kulit menumpuk di permukaan kulit kepala, ini akan membentuk bercak kulit yang kering, bersisik, dan menebal.

Hingga kini belum diketahui apa penyebab pasti psoriasis kulit kepala, tetapi riset menunjukkan bahwa sistem kekebalan dan faktor genetika berperan meningkatkan risiko seseorang mengalami psoriasis kulit kepala.

(Foto: elithair.co.uk)

YesDok Ads