0 Point

Apa Itu Plantar Fasciitis?

Plantar fasciitis merupakan penyakit umum yang menyebabkan nyeri pada tumit. Pita jaringan yang tebal dan kuat yang disebut plantar fascia bisa menjadi rusak atau meradang, menyebabkan rasa sakit dan kesulitan menggerakkan kaki. 

Apa penyebab plantar fasciitis?

Plantar fasciitis berfungsi adalah untuk menopang otot telapak kaki Anda untuk berdiri, berjalan, dan berlari di kaki. Bagian tubuh ini banyak digunakan, dan terlalu banyak tekanan dapat merusak plantar fascia. 

Penyakit ini tidak hanya memiliki satu penyebab saja. Beberapa faktor risiko mendukung seseorang untuk menderita plantar fascitis, faktor tersebut termasuk:

  • Usia, karena plantar fasciitis sangat umum pada orang antara usia 40 dan 60 tahun.

  • Melakukan olahraga, seperti berlari, yang berulang kali berdampak pada plantar fascia.

  • Memiliki kaki dengan lengkungan tinggi, atau otot betis kencang.

  • Mengalami kelebihan berat badan atau obesitas atau sedang hamil.

  • Memiliki penyakit medis tertentu, seperti radang sendi.

  • Sering berdiri untuk waktu yang lama.

  • Sering memakai sepatu hak tinggi.

Wanita lebih berisiko mengalami plantar fasciitis daripada laki-laki. Tidak jelas alasannya, tetapi mungkin karena faktor risiko tertentu untuk kondisi tersebut seperti kehamilan dan mengenakan sepatu yang tidak mendukung - lebih memengaruhi wanita daripada pria.

Gejala

Plantar fasia melintang di sepanjang sol dari jari kaki ke bagian bawah tumit. Tekanan berlebihan pada bagian kaki ini dapat menyebabkan robekan kecil pada jaringan. Kerusakan ini menyebabkan peradangan, rasa sakit, dan kekakuan.

Gejala plantar fasciitis yang paling umum adalah nyeri pada plantar fasia. Daerah rasa sakit biasanya di dekat tumit, di mana bisa terasa seolah-olah jaringannya sobek.

Pengobatan rumahan

Mengistirahatkan kaki, mengoleskan es pada area kaki yang nyeri, mengompres dengan perban, dan mengangkat kaki di atas bantal atau bangku kecil dapat membantu meringankan sakit. Obat antiinflamasi nonsteroid juga dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Beberapa orang mungkin menemukan bahwa pijatan kaki juga membantu mengurangi rasa sakit kaki.

Pemulihan bisa memakan waktu. Setelah satu atau dua minggu istirahat dan perawatan rumah, seseorang mungkin dapat berjalan dengan normal tanpa rasa sakit. Kebanyakan orang akan sembuh total dari plantar fasciitis dalam setahun.

(Foto: runnersworld.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok